Alternatif Kemenpora Jika Indonesia Gagal Gelar MotoGP

Balapan MotoGP.
Sumber :
  • Reuters / Darren Staples

VIVA.co.id - Mimpi Indonesia untuk menggelar MotoGP 2017 hampir sirna. Itu setelah munculnya sejumlah masalah yang kompleks. Mulai dari ketersediaan dana, sampai persoalan renovasi sirkuit.

Situasi tersebut sudah diketahui oleh operator MotoGP, Dorna. Dan pihak Dorna menyatakan Indonesia masih memiliki peluang untuk menggelar MotoGP di 2018 mendatang.

"Dorna masih berbaik hati kepada Indonesia. Mereka sadar, Indonesia adalah salah satu pasar sepeda motor terbesar di dunia. Kami ditawari untuk mengambil jatah tuan rumah di 2018," ujar Kepala Komunikasi Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, saat ditemui di kantornya, Selasa pagi, 9 Februari 2016.

Soal Jadi Pembalap Cadangan Manor, Kemenpora: Terserah Rio

"Terserah mau ambil dari 2018 hingga 2010 atau 10 tahun berikutnya, seperti Doha," lanjut Gatot.

Demi menghindari masalah yang sama, Gatot menyatakan Kemenpora sudah memiliki langkah alternatif. Sebuah lahan di Tegal Alur, Jakarta Barat, ditunjuk oleh Kemenpora sebagai venue MotoGP 2018.

Pilihan ini dirasa bisa meringankan beban pemerintah pusat. Sebab, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana untuk membangun sirkuit di lahan seluas 140 hektare tersebut. Pembangunan sirkuit ditujukan untuk meminimalisir terjadinya balapan liar yang selama ini meresahkan pengguna jalan di ibukota.

"Kelebihannya, dekat dengan bandara. Beban APBN berkurang karena kan pakai APBD. Memang, tanah itu sudah lama dirancang untuk sirkuit, meski rencananya akrab dengan pemakaman," kata Gatot.

Meski begitu, Gatot menyatakan tak berarti Kemenpora otomatis menunjuk Tegal Alur sebagai venue MotoGP 2018. Sentul dan Palembang, disebutnya, masih dalam pertimbangan.

Jika memang terealisasi, MotoGP Indonesia rencananya digelar pada seri 19 yang jatuh pada Oktober 2018. (one)

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso

Musim Depan Winglet Dilarang di MotoGP, Ducati Tak Cemas

Ducati pelopor penggunaan winglet di MotoGP.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016