Menpora: Rio Haryanto Pasti Masuk F1

Rio Haryanto dan Menpora Imam Nahrawi.
Sumber :
  • kemenpora
VIVA.co.id
Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI
- Teka-teki tentang apakah Rio Haryanto bakal tampil di ajang Formula 1 musim depan masih belum terjawab. Tapi, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, berikan sinyal kalau pembalap 22 tahun itu pasti tampil di F1 musim depan.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Nasib Rio sempat terkatung-katung meski Manor Racing telah menyiapkan satu kursi buat pembalap kelahiran Surakarta tersebut. Tetapi, sampai sekarang dana yang dibutuhkan masih belum terkumpul.
RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya


Bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pun tak kunjung cair karena tidak dapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).


Meski masih mendapat sejumlah kendala, Menpora menegaskan kalau Rio Haryanto dipastikan bakal turun di balap roda empat paling bergengsi di dunia tersebut.


"Ini rahasia ya, dipastikan Rio masuk F1," ujar Imam pada wartawan, usai bermain futsal dengan Marc Marquez dan Dani Pedrosa hari Sabtu siang, 13 Februari 2016.


Tetapi, Imam mengungkapkan kalau dana yang dibutuhkan sebesar Rp227 miliar masih belum terkumpul sepenuhnya. Menpora pun berinisiatif untuk meminta bantuan dari pihak swasta Tanah Air.


"Untuk dana, masih ada kekurangan. Karena itu, saya meminta pada siapapun yang berkecukupan dana untuk bantu Rio Haryanto ini. Kalau APBN harus ada persetujuan dan penganggaran baik dari kementerian atau Kementerian Keuangan," tambahnya.


"Mungkin dalam beberapa waktu ke depan saya akan bertemu dengan para dermawan dan pengusaha Indonesia. Jangan sampai Rio berjalan sendirian. Ada toleransi selama lima hari ini," kata Imam.


Kalau tidak cukup mengumpulkan dana yang dibutuhkan, Manor pun sudah memberikan opsi lain kepada Rio untuk membayar Rp76 miliar agar bisa tampil dalam tujuh seri di GP F1.


Meski demikian, Imam menegaskan kalau Rio harus tampil penuh kalau sampai turun di F1 nanti. "Yah kita berharap
full race
pastinya. Rio kami harapkan bisa tampil di semua balapan musim depan."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya