Rio Haryanto Hampir Dipastikan Gabung Manor?

Pembalap Indonesia, Rio Haryanto, saat masih di GP2.
Sumber :
  • Rio Haryanto

VIVA.co.id - Angin segar mulai mendekat ke pembalap Indonesia, Rio Haryanto. Berita dari media-media Eropa menyebutkan, Rio hampir dipastikan bakal tampil di ajang Formula 1 (F1) bersama tim Manor.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI
Dilansir Ilta Sanomat, Manor kemungkinan akan merekrut 3 pembalap sekaligus untuk menemani Pascal Wehrlein. Rio, Alexander Rossi, dan Will Stevens, rencananya direkrut secara bersamaan.
 
Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama
Keputusan tersebut diambil lantaran Manor belum mendapat solusi mengenai kendala dana yang dialami oleh ketiga pembalap tersebut. Lantas, bagaimana skema Manor untuk mengakomodir jam terbang ketiga pembalap tersebut?
 
RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya
Sebelumnya, Kepala Bidang Komunikasi Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, menyatakan Rio bisa tampil dalam 7 hingga 8 balapan. Pertimbangannya, pemuda asal Solo itu cuma sanggup membayar uang jaminan di kursi Manor sebesar 5,2 juta euro.
 
Ternyata pernyataan Gatot mendekati kenyataan. Manor memang berniat untuk memberikan porsi yang sama kepada Rio, Rossi, dan Stevens. Rencananya, masing-masing dari mereka bakal tampil di 7 seri musim 2016.
 
Nah, Rio nantinya bakal diberi porsi untuk balapan di beberapa seri awal. Kemudian, dalam seri Asia, Rio kembali tampil.
 
Rossi bakal tampil di balapan F1 seri Amerika Selatan dan Utara. Sedangkan Stevens berlaga di seri Eropa.
 
Secara regulasi, setiap tim memang boleh merekrut 4 pembalap sekaligus di satu musimnya. Itu tertuang dalam artikel 26.1: "Dalam satu musim, setiap tim boleh menggunakan 4 pengemudi. Setiap pengemudi akan mendapat poin dari balapan yang mereka ikuti." (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya