Rio Haryanto Gunakan Nomor 88 di F1, Apa Artinya?

Pembalap Manor Racing Team, Rio Haryanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Rio Haryanto akhirnya resmi menjadi pembalap Indonesia pertama di ajang Formula 1 setelah bergabung dengan Manor Racing untuk musim 2016. Ia pun memilih nomor mobil 88, apa artinya?

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI
Perjalanan pembalap 23 tahun itu menuju ajang F1 bukanlah hal yang mudah. Lulusan GP2 Series ini harus mencari bantuan kanan-kiri untuk menutupi dana yang dibutuhkan.
 
Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama
Akhirnya, Rio mendapatkan kepastian menjadi pembalap F1 pada hari Kamis kemarin, 18 Februari 2016. Ia pun akan berduet dengan Pascal Wehrlein di tim Manor.
 
RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya
Rio pun akan melakoni GP pertamanya di Australia awal 20 Maret 2016 mendatang. Seperti yang dilansir dari situs F1, ia akan menggunakan nomor 88 pada mobil MRT05.
 
Lalu apakah arti nomor 88 bagi Rio? Memang belum ada pernyataan dari sang pembalap langsung apakah arti dari angka tersebut di mobilnya. Tapi, bukan berarti angka tersebut ditempel begitu saja.
 
Kalau melihat keturunan Rio yang memiliki darah Tionghoa, jelas angka 8 memiliki makna tersendiri yaitu terkait dengan keberuntungan dan kemakmuran. Secara arti angka 88 dikaitkan dengan kebahagiaan atau kekayaan ganda.
 
Angka 8 di berbagai negara Asia menjadi angka yang dianggap membawa keberuntungan. Khususnya di negara China. Dalam tradisi Tionghoa, angka 8 merupakan pertanda rezeki nomplok. 
 
Sampai-sampai pada saat olimpiade Beijing delapan tahun lalu, pembukaannya diselenggarakan pada tanggal 8 Agustus 2008 (08-08-08) tepat jam 08:08:08. Bukti jelas begitu pentingnya angka 8 bagi 'Negeri Tirai Bambu' yang masih sangat mempertahankan tradisinya.
 
Ada juga menurut Feng Shui, Angka 8 atau disebut bintang kekayaan ini adalah salah satu "white star" yang membawa keberuntungan spesial. Selalu membawa keberuntungan ekstra dimanapun angka ini muncul.
 
Jadi apakah keputusan Rio untuk memilih angka 88 karena berharap keberuntungan pada musim perdananya di F1? Kita tentu sama-sama juga berharap dapatkan hasil demikian. 
 
Semoga dengan arti Feng Shui keberuntungan pada nomor 88 di mobilnya bisa membawa putra bangsa tersebut mengibarkan sang saka merah-putih di podium tertinggi balapan paling bergengsi di dunia tersebut.
 
Selamat berjuang dan semoga beruntung, Rio!
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya