Rio Haryanto Lihat Mobil F1-nya Berceceran Oli

Pembalap Manor asal Indonesia, Rio Haryanto.
Sumber :
  • REUTERS/Brandon Malone

VIVA.co.id - Rio Haryanto buka suara soal masalah yang menimpanya dalam laga debutĀ  Formula One (F1) hari Minggu, 20 Maret 2016, di GP Australia. Masalah teknis di mobil Manor Racing miliknya membuat oli berceceran.

Dalam balapan pertamanya di F1, Rio hanya bisa bertahan 17 putaran dari 57 putaran mengelilingi sirkuit Albert Park, Melbourne, setelah masalah di mobil MRT-05 terlihat saat masuk ke dalam pitlane usai kecelakaan hebat Fernando Alonso dan Esteban Gutierrez.

Setelah balapan, Rio pun bercerita soal apa yang terjadi sebenarnya sampai gagal melanjutkan balapan. Pebalap 22 tahun itu mengaku baru sadar ada kerusakan di mobil saat melihat adanya oli.

"Sebenarnya tidak ada masalah sampai red flag dan kita harus masuk pit lane. Saat itu, saya lihat banyak oli tercecer dari belakang gearbox," ceritanya dalam wawancara eksklusif dengan tvOne.

"Setelah itu, seluruh tim dan mekanik melihat kondisi mobil dan memutuskan untuk tak bisa melanjutkan balap. Karena kalau dilanjutkan kondisi mobil bisa semakin parah," tambah Rio menjelaskan.

Setelah tampil kurang maksimal di Australia, banyak pihak yang menilai mobil yang disediakan Manor untuk Rio menjadi alasan utama gagal finis. Namun, hal itu dibantah oleh sang pembalap.

"Tidak hanya saya, tim juga kecewa karena tentu target mereka kedua pembalap berhasil finis. Tapi kami siap untuk balapan berikutnya di Bahrain, dan kami tentu akan bekerja lebih keras. Mohon dukungannya dari segala pihak," imbuh Rio. (ren)

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama
Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022