Hamilton Kena Penalti Lima Grid di F1 GP China

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton.
Sumber :
  • REUTERS / Hoch Zwei

VIVA.co.id – Peluang Lewis Hamilton untuk menjadi juara di balapan Formula 1 (F1) GP China, semakin sulit. Sebab, pembalap Mercedes itu mendapat hukuman penalti lima grid dalam balapan yang akan berlangsung di The Shanghai International Circuit pada Minggu 17 April 2016.

Hukuman tersebut karena pembalap asal Inggris tersebut melakukan pergantian gearbox. Dalam keterangan yang dirilis Mercedes dalam akun Twitter resminya, GP China menjadi waktu yang pas untuk mereka mengganti gearbox mobil Hamilton usai mengalami kerusakan di Bahrain.

Dalam aturan F1, seorang pembalap memang harus menggunakan satu gearbox untuk enam seri balapan secara berurutan. Adanya hukuman ini, Hamilton pun merasa balapan akan berjalan berat baginya, karena harus mundur lima posisi dari hasil yang diraihnya selama kualifikasi.

"Akhir pekan ini akan berat. Saya akan memulai dengan penalti lima grid, karena pergantian gearbox. Namun, karena Anda semua, saya merasa berenergi, termotivasi, dan percaya diri bahwa kami dapat menebus kerugian,” tulis Hamilton di akun Instagram miliknya.

Pada dua seri yang telah dilakoni, Hamilton memang masih belum bisa meraih hasil baik dengan posisi dua dan tiga. Jawara bertahan F1 itu kalah dari rekan setimnya, Nico Rosberg, yang meraih kemenangan secara beruntun di awal musim ini.

Hasil tersebut membuat Rosberg berada di puncak klasemen sementara dengan raihan 50 poin dari dua balapan. Sementara itu, Hamilton berada di bawahnya dengan mengemas 33 poin, disusul oleh Daniel Riccardo dengan 24 poin di peringkat tiga.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama
Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022