Red Bull Rusak Balap Ferrari, Vettel Ngamuk di Balik Podium

Pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo (depan)
Sumber :
  • REUTERS/Aly Song

VIVA.co.id – Pembalap andalan Ferrari, Sebastian Vettel, menuding pembalap Red Bull, Daniil Kvyat, telah mengemudi seperti orang gila pada balapan di GP China, Minggu 17 April 2016.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Sesaat sesudah start, Kvyat secara oportunis menusuk dari sisi kanan pada tikungan pertama Shanghai International Circuit untuk menyodok ke peringkat tiga.

Pada sisi luar tikungan, Vettel terjepit di antara Kvyat dan rekannya Kimi Raikkonen, berakibat pada senggolan dengan mobil Ferrari lainnya.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Insiden ini merusak balapan Raikkonen, yang tampil menjanjikan sepanjang latihan bebas dan kualifikasi. Ferrari pun tak mampu membendung mobil Mercedes milik Nico Rosberg yang terus nyaman berada di depan.

Vettel dan Kvyat mampu menjaga posisi mereka, meski alami insiden tersebut. Vettel akhirnya finis kedua dan diikuti Kvyat yang mengisi posisi podium terakhir.

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

Beberapa kali di tengah balap, Vettel mengeluh soal gaya membalap Kvyat dan, bahkan memanggilnya sebagai "orang gila". Kedua orang itu, bahkan sempat adu mulut, saat menunggu seremoni podium.

Kronologis adu mulut Vettel dan Kvyat

Kvyat: "Apa yang terjadi saat star?"

Vettel: (berteriak) "Kamu, bertanya apa yang terjadi saat star? Kalau kamu tidak masuk lewat kiri, kamu akan menabrak kami bertiga."

Kvyat: "Well..."

Vettel: "Tidak ada, kami datang seperti torpedo."

Kvyat: (tertawa) "Saya tadi membalap."

Vettel: "Yeah membalap, tapi kalau saya masih menjaga jalur, kita akan tabrakan."

Kvyat: "Ya, lanjutkan..."

Vattel: "Ada juga sebuah mobil di sebelah kiri, itu kenapa."

Kvyat: "Oh yeah, saya bisa melihat ketiga mobil, ayolah! Saya hanya punya dua mata, dua mobil."

Vettel: "Kita akan bertabrakan kalau kamu melakukan itu."

Kvyat: "Well, kita tidak (bertabrakan)."

Vettel: "Tidak, kamu tidak! Saya tahu ini balapan tapi kalau kamu menyerang seperti orang gila kami bisa merusak mobil. Kami beruntung kali ini. Tapi ada kerusakan pada Kimi."

Kvyat: "Saya ada di podium, jadi itu OK. Kami ada di podium."

Stewards sendiri tampaknya tidak melihat kesalahan, saat Kvyat menyodok dalam insiden tersebut. Karena, pembalap Red Bull itu tidak menjalani investigasi menyangkut aksinya usai star tersebut. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya