Alasan Lorenzo Usai Mahkota Juara GP Spanyol Direbut Rossi

Jorge Lorenzo saat masih di Yamaha.
Sumber :
  • Crash.net

VIVA.co.id – Dominasi pembalap tuan rumah di GP Spanyol berakhir pada tahun 2016 ini. Jagoan-jagoan sirkuit Jerez harus akui keunggulan rider Yamaha, Valentino Rossi, dalam balapan hari Minggu, 24 April 2016, kemarin.

Jokowi Tinjau Lokasi MotoGP, Relawan Prabowo-Sandi Demo di Mataram

Salah satunya adalah sang juara dunia MotoGP sekaligus juara bertahan GP Spanyol, Jorge Lorenzo, yang harus puas finis di peringkat dua. Sementara Marc Marquez hanya bisa finis ketiga dengan Honda miliknya.

Lorenzo mengatakan, masalah ban belakang menjadi salah satu alasan motor M1-nya tak bisa bersaing dengan milik Rossi, yang sempat unggul sampai tiga detik.

Lewat Desa Wisata, Sari Yuliati Dorong Pemberdayaan Perempuan

Lorenzo berhasil memangkas gap menjadi satu detik saja di sepertiga terakhir balapan, namun "X-Fuera" hanya bisa finis kedua karena masalah besar di bagian belakang saat di trek lurus. Menurutnya, kemarin jadi pengalaman terburuknya di MotoGP.

"Sangat disayangkan tidak memulai dengan start bagus. Saya tidak bisa pertahankan keunggulan dan lalu saat coba lewati Valentino, saya rem terlalu keras dan kehilangan kontrol ban depan, jadi saya tak bisa dapat posisi membalap lebih baik di bagian pertama balapan," tutur Lorenzo.

Lorenzo Harap Bisa Cetak Sejarah Bersama Ducati Musim Depan

"Rossi menjadi lebih cepat di tengah balapan dan saya mulai kehilangan beberapa meter, sedikit demi sedikit, dan ban belakang mulai berputar," tambahnya, seperti dilansir dari Crash.net.

Menurut Lorenzo, ban belakang motor M1 miliknya pertama hanya berputar sedikit saat kondisi lurus. Setelah itu kondisi semakin parah.

"Tiba-tiba ban belakang mulai berputar di bagian tengah saat dua jalur lurus, ini tak pernah terjadi pada saya di MotoGP, jadi saya menurunkan kecepatan dan menjaga kopling di tiap jalur lurus di tiap gigi," lanjut Lorenzo.

Hal tersebut membuat Lorenzo kehilangan momentum untuk mengejar Rossi. Tetapi, rekannya di Yamaha itu melihat sisi positif dari hasil tersebut karena persaingan di papan klasemen kini tak didominasi Marquez.

"Rossi terjatuh di Austin jadi dia 12 poin di belakang saya, sekarang berbeda tujuh, dan kami mengejar empat poin dari Marc, jadi posisi papan klasemen bagus. Tapi saya masih frustrasi dengan masalah ban belakang saya di jalur lurus," katanya kesal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya