Alasan Perusahaan Sulit Pasang Iklan di Mobil Rio Haryanto

Pembalap Manor asal Indonesia, Rio Haryanto.
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed

VIVA.co.id - Keikutsertaan Rio Haryanto di ajang Formula 1 (F1) 2016 tidak serta merta membuat perusahaan-perusahaan nasional antusias untuk jadi sponsor. Hingga saat ini baru Pertamina saja yang mau memberikan dana kepada pembalap asal Surakarta tersebut.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Dengan memberikan bantuan sponsor sebesar 5 juta euro, Pertamina mendapatkan slot pemasangan logo di bagian belakang mobil Rio. Juru Bicara Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, mengungkapkan alasan di balik kurangnya antusiasme perusahaan lain mengikuti jejak Pertamina.

"Perusahaan itu kan minta komersial di mobil dan harga dipatok Manor ada standar tersendiri. Saya tidak mau menyebutkan berapanya meski tahu, tapi yang jelas itu sangat tinggi," kata Gatot kepada wartawan di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin 25 April 2016.

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

Penetapan standar harga yang tinggi tentu saja menyulitkan Rio dalam menggandeng sponsor. Namun dia menyangsikan apakah hal itu masih bisa dinegosiasikan lagi dengan Manor. "Itu yang menjadi kendala, memang sejak awal kontraknya seperti itu," ucapnya.

Terkait dengan pengumpulan dana melalui SMS yang diinisiasi oleh Kemenpora, Gatot mengaku tidak bisa memberikan bantuan banyak. Sebab, dari pengalamannya mengkordinir pengumpulan dana seperti itu, jumlah maksimal ditaksir tak lebih dari Rp1 miliar.

F1 GP Inggris Larang Pembalap Rusia Tampil

"Yang SMS memang hasilnya belum signifikan. Kami juga sadar perilaku masyarakat sudah berubah. Kita sudah sangat tergantung dengan whatsapp, jadi SMS jarang disentuh," jelas Gatot.

"Yang kedua, biasanya itu harus diikuti dengan promosi yang gencar. Dalam pengalaman saya itu biasanya dapat Rp5 sampai Rp7 miliar. Kalau ini perkiraan saya dapat Rp1 miliar saja sudah bagus," lanjutnya.

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022