10 Fakta Menarik Jelang Balapan F1 GP Rusia

Ilustrasi balap Formula 1 (F1).
Sumber :
  • REUTERS/Aly Song

VIVA.co.id – Gelaran balap Formula 1 (F1) akan  kembali digelar pada akhir pekan ini, dan kali ini balapan akan berlangsung di Rusia. Adu kecepatan jet darat pada seri empat ini dihelat pada Jumat 29 April hingga Minggu 1 Mei 2016.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, menjadi favorit dalam seri ini menyusul kemenangan beruntun yang diraihnya di GP Rusia sejak 2014. Namun dia mendapat saingan ketat dari rekan setimnya, Nico Rosberg.

Walaupun meraih posisi runner up pada musim lalu, Rosberg tengah dalam performa terbaiknya dengan mencatat tiga kemenangan beruntun di seri awal ini. Sedangkan pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto, juga memiliki kenangan manis di sirkuit ini.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Pembalap Manor Racing merasakan podium pada musim lalu di ajang GP2, catatan tersebut menjadi modal baik baginya yang dalam tiga seri ini belum mendapatkan poin. Masih banyak fakta-fakta menarik lainnya, yang berhasil dirangkum dari situs resmi F1.

Berikut Fakta-fakta Menarik F1 GP Rusia:

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

1.  Sirkuit Sochi Autodrom memiliki panjang 5,848 kilometer dan menjadi sirkuit terpanjang di musim ini setelah sirkuit Silverstone (Inggris) serta Spa Francochamps (Belgia).

Hanya ada 2 area untuk mengaktifkan Drag Reduction System (DRS) pada Sirkuit Sochi ini, yakni antara tikungan 1 dan 2, serta antara tikungan 10 dan 12. DRS bisa diaktifkan setelah genap 2 putaran awal balapan, atau 2 putaran setelah start ulang, atau 2 putaran setelah safety car meninggalkan lintasan.

3. Sirkuit dengan 53 laps ini memiliki 18 belokan (12 kanan dan 6 kiri). Jarak balapan yang akan ditempuh para pembalap pada sirkuit yang diresmikan pada 2014 ini adalah 309,732 kilometer.

4. Sochi Autodrom merupakan satu-satunya sirkuit balap di dunia yang terletak di arena untuk pergelaran olimpiade. Sochi adalah tuan rumah olimpiade musim dingin pada Februari 2014 lalu.

5. Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, merupakan pemenang terbanyak di Rusia dengan 2 kemenangan.

6. Jumlah persentase keunggulan lap yang dibukukan tim Mercedes dalam dua pergelaran GP Rusia, adalah 100 persen.  Balapan di Sochi akan berlangsung 53 putaran atau 106 lap dalam dua tahun, dan 100 lap dipimpin Hamilton dan sisanya 6 lap dipimpin Nico Rosberg.

7. Catatan lap tercepat di Sochi diraih oleh pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, menorehkan waktu 1 menit 40,071 detik pada musim lalu.  Sedangkan, rekor lap di kualifikasi dipegang Rosberg yang menempati pole position musim lalu dengan waktu 1 menit dan 37,113 detik.

8. Kecepatan dalam km/jam yang ditoreh pebalap Ferrari Kimi Raikonen saat melintasi zona speed trap di sesi balapan musim lalu, adalah 343,1 . Kecepatan Kimi lebih cepat 8,7 km/jam ketimbang catatan terbaik di kualifikasi yang dibuat Felipe Massa.

9. Jumlah kehadiran saftey car dalam dua kali penyelenggaran GP Rusia ada 3 mobil. Di musim lalu, safety car dua kali turun ke lintasan.

10. Pembalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, pernah merasakan merasakan podium di sirkuit Sochi Autodrom. Rio meraih podium kedua pada gelaran sprint race musim lalu bersama tim Campos.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya