Badminton Asia Championships 2016

Tantang Wakil Tuan Rumah, Owi/Butet Siap Pertahankan Gelar

Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Menjadi satu-satunya wakil Indonesia di partai puncak turnamen Badminton Asia Championships 2016, rupanya tak membuat duet Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjadi terbebani menatap duel panas di hadapan publik Wuhan Sports Center Gymnasium, China, Minggu 1 Mei 2016.

Penonton Berpotensi Hadir di Indonesia Open dan Masters, Ini Kata PBSI

Pasangan andalan sektor ganda campuran ini mengaku siap mempertahankan gelarnya tahun lalu itu dan melanjutkan tren positif skuat Merah Putih dalam rangkaian turnamen bergengsi dunia jelang Olimpiade Rio pada Agustus mendatang.

Meski harus menantang unggulan utama wakil China, Zhang Nan/Zhao Yunlei, duo asal klub PB Djarum ini tetap merasa peluang mereka di laga ini 50-50. Walaupun sang lawan pasti akan didukung oleh para pendukung tuan rumah.

Terungkap, Alasan PBSI Tunjuk Fadia jadi Tandem Baru Apriyani

“Buat besok (hari ini), kami lebih jaga fokus saja, harus lebih tenang. Sama persiapkan fisik saja,” ujar Tontowi, dikutip dari situs PBSI.

Pertemuan nanti merupakan yang ke-18 buat duet yang akrab disapa Owi/Butet ini dengan Zhang/Zhao. Owi/Butet sejauh ini masih tertinggal 5-12 dari hasil pertemuannya sejauh ini. Dalam tujuh pertemuan terakhir pun, Tontowi/Liliyana masih belum bisa unggul dari Zhang/Zhao.

Duh, Indonesia Terpaksa Kurangi Wakilnya di German Open 2022

“Kalau kami lihat beberapa pertemuan terakhir, kami tak jauh jaraknya. Kaya pas di Kejuaraan Dunia, hasil skornya juga tak begitu jauh jaraknya. Cuma mungkin kami kurang tenang, ini yang harus diantisipasi,” tutur Liliyana.

“Nantinya, walaupun mainnya sudah enak dan unggul, kami tetap harus konsisten, sampai poin 21. Sebelum poin 21 itu belum menang,” ujar Liliyana.

Pertemuan terakhir Owi/Butet dengan salah satu musuh bebuyutannya ini terjadi di Korea Open 2015. Saat itu, Owi/Butet kalah dengan skor 16-21 dan 15-21.

Laga “El Clasico” ganda campuran ini akan menjadi partai pertama dari rangkaian pertandingan babak final Badminton Asia Championships 2016, yang akan mulai berlangsung pada pukul 13.00 WIB hari ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya