Mimpi 'Tosser' Cantik Jakarta Pertamina Energi Main di Eropa

Tosser Jakarta Pertamina Energi, Tri Retno Mutiara
Sumber :
  • Instagram/triretnomutiara

VIVA.co.id – Nama Tri Retno Mutiara sudah tak asing di dunia voli Indonesia. Ya, Tiara dikenal sebagai salah satu pemain muda bertalenta yang sudah wara-wiri di pentas voli nasional.

5 Bidadari Voli Pantai Dunia, Bikin Kaum Adam Gagal Fokus

Di Proliga musim ini, Tiara bergabung ke salah satu tim raksasa, Jakarta Pertamina Energi. Meski usianya baru 18 tahun, Tiara ternyata dipercaya oleh pelatih Risco Herlambang sebagai otak permainan tim.

Tak mudah bagi Tiara untuk bisa mencapai kesuksesan yang diraihnya sekarang. Perjuangan berliku harus dilewatinya.

2 Laga Proliga Hari Ini Ditunda Akibat COVID-19

Kepada VIVA.co.id, Tiara menjelaskan awalnya tak menyukai olahraga voli. Gadis kelahiran Cirebon tersebut justru lebih menyukai bulutangkis dan renang.

Semua berubah ketika ayah dan ibunya memperkenalkan voli kepadanya saat sudah memasuki Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tiara mulai menyukai voli.

Jakarta Pertamina Pertamax Sapu Bersih 3 Kemenangan di Proliga 2022

"Saya ketagihan dan ingin berlatih terus," ujar Tiara saat ditemui di Bandung, baru-baru ini.

Berbagai turnamen pun diikuti oleh Tiara. Hingga akhirnya, salah seorang pemandu bakat klub asal Bandung, Wahana, kepincut dengan penampilannya.

Dia pun bergabung ke Wahana dan akhirnya pindah ke Bandung. Dalam pendidikan, Tiara memutuskan masuk SMA Pasundan.

Usai bergabung ke Wahana, karier Tiara terus menanjak. Mahasiswi Universitas Langlangbuana (Unla) Bandung tersebut bahkan sempat masuk ke timnas yunior di 2013. Prestasinya sangat membanggakan karena mampu mengantarkan Indonesia meraih emas di ASEAN School Games 2013.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/05/01/572595f4bb213-tosser-jakarta-pertamina-energi-tri-retno-mutiara-nomor-1_663_382.JPG

Setahun setelahnya, Tiara kembali memperkuat timnas yunior. Dua gelar diraihnya. Tak cuma di ASEAN School Games. Pada 2014, Tiara juga berhasil mengantarkan Indonesia juara ASEAN School Volleyball Championship.

Catatan-catatan tersebut membuat Tiara promosi ke timnas senior Indonesia. Dia akhirnya tampil di SEA Games 2015. Sayang, ketika itu, Tiara gagal mengantarkan Indonesia meraih medali emas. Indonesia hanya mampu menyabet medali perunggu setelah dikalahkan Thailand dalam partai semifinal di OCBC Arena, 3-1.

"Itu menjadi pengalaman bertanding yang tak terlupakan. Saya menghadapi Nootsara Tomkom, yang merupakan idola saya. Tak grogi atau tegang saat lawan dia. Lepas saja, toh level kami berbeda," ungkap Tiara.

Usai menembus level timnas, Tiara kini memiliki ambisi lain. Tiara berharap bisa bermain di kompetisi voli Eropa. "Tapi, target terdekat adalah ingin masuk timnas SEA Games 2017, Malaysia. Setelah dapat perunggu tahun lalu, saya ingin lebih baik lagi bersama timnas," ujar Tiara.

Biodata Tiara:

Nama lengkap: Tri Retno Mutiara Lutfi
Panggilan: Tiara
Tempat lahir: Cirebon
Tanggal lahir: 16 November 1997
Nomor punggung: 1
Posisi: Tosser/Setter

Riwayat klub:
2014 - Jakarta Bank DKI
2015 - Jakarta Electric PLN
2016 - Jakarta Pertamina Energi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya