Gairah Pembalap Sepeda Dunia Jelang Tour de Banyuwangi Ijen

Beberapa pembalap International Tour de Ijen Banyuwangi menjajal rute.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 akan digelar selama empat hari mulai Rabu besok hingga Sabtu, 11-14 Mei 2016, di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Balapan sepeda yang masuk kalender Tur Asia, Persatuan Sepeda Internasional (UCI) ini akan diikuti 100 pembalap dari 21 negara, dalam maupun luar negeri.

Lebas Jadi Raja Tanjakan, Robbie Hucker Jawara Baru Tour de Ijen 2019

Beberapa pembalap luar negeri sudah tiba di Banyuwangi sejak Senin kemarin. Mereka langsung menjajal jalan yang akan dilewati sebagai rute balapan. 

"Mereka datang lebih awal untuk persiapan kelayakan tanding," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi, Wawan Yadmadi, Selasa, 10 Mei 2016.

Manuver Lap Terakhir, Pembalap Jepang Juara Etape III Tour de Ijen

Pembalap sepeda dari luar negeri yang sudah terlihat di Banyuwangi, di antaranya, tim dari Oliver's Real Food Racing. Keputusan tim asal Australia itu merapat lebih cepat karena faktor aklimatisasi.

"Cuaca di sini (Banyuwangi) panas, berbeda dengan di negara kami yang dingin. Kami akan melihat rute Ijen usai etape 1 besok," kata Samuel Layzell, salah satu pembalap Oliver's Real Food Racing.

Pembalap Asing Rontok di Etape 'Seram' Tour de Ijen 2019

Ada juga Wisdom-Hengxiang Cycling Team dari Tiongkok. Tim ini memiliki pembalap sepeda andalan dan diunggulkan di ITdBI, yakni Wang Meiyin. Pada tanding balap di Tour de Langkawi beberapa waktu lalu, Meiyin berhasil meraih prestasi King of Mountain alias raja tanjakan.

"Gunung Ijen jadi daya tarik bagi kami. Kabarnya banyak tanjakan curam di Ijen. Tapi, kami optimis bisa menaklukkannya," kata Meiyin.

Selain dua klub itu, tim lainnya yang akan berkompetisi di ajang ini yakni Singha Infinite Cycling Team (Singapura), Terengganu Cycling Team (Malaysia), St George Merida Cycling Team (Australia), Kenyan Riders Down Under (Kenya), dan Pegasus Cycling Team (Jakarta). 

Lalu, tim dari Kinan Cycling Team (Jepang), LX-IIBS Cycling Team (Korea), Black Inc Cycling Team (Laos), 7 Eleven Sava RBP (Filipina), Team Ukyo (Jepang), Swiss Welness Cycling Team (Australia), dan Geumsam Insan Celo (Korea).

Dari dalam negeri, Puslatda Jawa Timur tidak mengikutkan para pembalapnya. Mereka diganti tim dari Custom Cycling Club. Lima tim dalam negeri yang lain adalah SAKB, Indonesia Prima, KFC Cycling Team, Tim Nasional Indonesia dan BRCC yang merupakan tim kebanggaan Banyuwangi.

International Tour de Banyuwangi Ijen akan menjalani tahun keempatnya, sejak pertama kali digelar pada 2012 silam. Pada 2015 lalu, balapan level UCI Asia Tour 2.2 ini mendapatkan penilaian "excellent level". (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya