Juara Termuda F1 Verstappen: Ini Luar Biasa

Pembalap Red Bull, Max Verstappen.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Max Verstappen secara mengejutkan keluar sebagai juara pada balapan Formula 1 (F1) GP Spanyol. Pembalap Red Bull itu pun mengaku sangat suka cita akan pencapaiannya tersebut.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Kemenangan ini terjadi pada balapan perdananya bersama Red Bull, setelah ia bertukar tempat dengan Daniil Kvyat yang kini membela Toro Rosso. Tanda-tanda akan peningkatan Verstappen bersama Red Bull, sudah terlihat sejak latihan bebas dan sesi kualifikasi.

Hingga akhirnya dia membuktikan diri pantas membela Red Bull, dengan keluar sebagai juara di Spanyol. Sedangkan rekan setimnya, Daniel Ricciardo, hanya mampu finis di posisi keempat pada seri kelima ini.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Verstappen mengungkapkan bila ini adalah balapan yang luar biasa baginya, terlebih dia mencetak sejarah baru di F1. Pembalap asal Belanda ini menjadi pembalap termuda yang berhasil memenangi balapan F1 di usianya yang kini menginjak 18 tahun.

"Ini luar biasa. Balapan ini seperti balap ketahanan buat saya, terutama di lima putaran terakhir. Saya tidak percaya kalau saya sedang memimpin balapan dan hari ini semuanya berjalan dengan lancar,” ujar Verstappen, seperti dilansir Crash.

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

"Saya bisa mempertahankan ban dan saya pikir, kami sudah menerapkan strategi terbaik. Sulit untuk dipercaya --saya tidak bisa mempercayainya,"  lanjutnya.

Kemenangan pembalap kelahiran 30 September 1997 ini memang tak lepas dari insiden yang menimpa Nico Rosberg dan Lewis Hamilton, yang gagal melanjutkan balap. Namun, Verstappen juga menilai hasil ini karena pemilihan strategi ban.

"Saya pikir, dengan ban soft di stint pertama, saya bisa tampil cukup bagus, apalagi setelah dua mobil Mercedes crash. Saya sedikit kehilangan kendali setelahnya dan kami memutuskan untuk mengganti ke ban medium,” ujarnya.

"Dari sana, mobil saya terasa amat nyaman. Saya tinggal menjaga kecepatan saya setelahnya, juga ban saya, dan saya berhasil mempertahankannya dengan baik," sambung pembalap yang kini menempati peringkat enam klasemen pembalap dengan 38 poin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya