Amankan Kursi Dewan, Pacquiao Pensiun?

Petinju Filipina, Manny Pacquiao (kanan).
Sumber :
  • REUTERS/Lucy Nicholson

VIVA.co.id – Manny Pacquiao berpotensi pensiun sebagai petinju. Itu setelah Pacquiao mengamankan kursi Dewan di Parlemen Filipina.

Jadi Ketua KONI, Daud Yordan Kembangkan Bela Diri di Kayong Utara

Kamis 19 Mei 2016 kemarin, Filipina baru saja merilis secara resmi hasil pemilu yang sudah dijalankan. Lewat pemilu tersebut, terpilih Presiden, Wakil Presiden, 12 anggota dewan, 200 anggota kongres, dan 18 ribu pemerintah daerah.

Nama Pacquiao masuk sebagai salah satu anggota dewan. Dia mendapatkan 16 juta suara dan duduk di peringkat ketujuh dalam pemilihan anggota Dewan.

Jadi Juara WBC, Persembahan Ongen Saknosiwi buat Ibu yang Tengah Sakit

Dengan demikian, dia harus memenuhi janjinya untuk mengakhiri karir sebagai petinju. Ya, sebelum pemilu, Pacquiao sempat mengumbar janji.

Pacman kala itu ingin pensiun dari dunia tinju andai terpilih sebagai anggota dewan. Alasannya, agar dia bisa lebih fokus dalam menjalankan tugas kenegaraan.

Ketua DPD RI Ikut Berduka Cita atas Meninggalnya Hero Tito

"Saya bisa fokus dan menjadi disiplin terhadap diri sendiri. Saya akan menggunakan cara kerja di tinju demi membantu negara," kata Pacquiao seperti dilansir Daily Mirror.

Saat berkampanye, ada dua program yang diusung oleh Pacquiao. Pertama adalah pendidikan gratis untuk semua kalangan. Lainnya, pemberlakuan kembali hukuman mati untuk pengedar narkoba dan pelaku kriminal berat lainnya.

Dalam pemilu tahun ini, tak semua pemilik suara ikut. Hanya sekitar 80 persen dari 55 juta warga yang mau menyumbangkan suaranya. Sisanya, memilih untuk menjadi golongan putih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya