Pembalap Asing Kuasai Tour de Flores

Aksi pembalap Inggris, Daniel Whitehouse, di Tour de Flores 2016
Sumber :
  • Antara Foto/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Balap sepeda internasional, Tour de Flores, sudah selesai sejak Senin 23 Mei 2016 kemarin. Dari hasil penyelenggaraan tahun ini, para pembalap asing menguasai posisi tiga besar.

On This Day: Menpora Imam Nahrawi Bekukan PSSI

Pembalap sepeda asal Inggris, Daniel Whitehouse, keluar sebagai juara umum. Daniel berhasil mengalahkan dua pesaingnya asal Spanyol, Benjamin Prades dan Rivardo Garcia.

Secara keseluruhan, Daniel berhasil mencatatkan waktu 18 jam dua menit dan 43 detik, dari lima etape. Sedangkan, Benjamin terpaut dua menit 56 detik darinya. Dan, Rivardo mencatatkan waktu 18 jam 15 menit dan 23 detik.

Kasasi Ditolak, Imam Nahrawi Harus Jalani Hukuman Penjara 7 Tahun

Di sisi lain, pembalap Indonesia, Robin Manulang ada di posisi kelima. Robin mencatatkan waktu 18 jam 20 menit dan 26 detik dalam lima etape.

Meski hanya mampu menempati posisi lima besar klasemen akhir, Robin ternyata berhasil menduduki puncak klasemen akhir pembalap Asia.

Skandal Olahraga, Taufik Hidayat Bocorkan soal 'Tikus' Kemenpora

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mengaku sangat puas dengan penyelenggaraan Tour de Flores tahun ini. Sebab, antusiasme TdF terbilang tinggi.
Buktinya, 160 pembalap dari 20 tim ambil bagian di balap sepeda yang berkonsepkan antar pulau tersebut.

"Melihat antusiasme dan banyak negara yang ambil bagian, tidak menutup kemungkinan ke depan olahraga ini akan berkembang dengan pesat. Bahkan, bisa juga ke depan digarap serius, sehingga bisa menjadi rangkaian Tour de Indonesia. Satu seri, dengan mengambil rute-rute antar pulau," kata Imam.

"Konsep balapan ini akan memberikan nuansa baru, bukan antar kota saja. Direncanakan dari sekarang kalau bisa, sehingga di 2017 sudah mulai bisa dicoba," lanjutnya.

Indonesia sebenarnya sudah beberapa kali menyelenggarakan kegiatan balap sepeda bertaraf internasional. Sebut saja Tour de Singkarak di Sumatera Barat yang telah diselenggarakan sejak 2009 lalu Tour de Banyuwangi Ijen yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2012.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya