Final IBL 2016

Kuasai 3 Kuarter Akhir, Pelita Jaya Sukses Gasak CLS Knights

Pebasket Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta, Brandon Jawato (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/kye/16

VIVA.co.id – Duel sarat gengsi di laga final pertama Indonesian Basketball League (IBL) 2016 akhirnya berhasil dikuasai oleh Pelita Jaya yang mampu menang atas CLS Knights Surabaya dengan skor 77-70 , Kamis malam 26 Mei 2016 di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta. Pertarungan kedua tim ini sangat menarik dengan tak jarang memamerkan permainan terbuka dari tim asuhan Benjamin Alvarez atas skuad racikan Wahyu Widayat Jati tersebut.

Magis Britama Arena Jadi Ambisi Pelatih CLS untuk Juara

(Baca juga: Pelita Jaya Ungguli CLS di 2 Kuarter Awal)

Di kuarter pertama, CLS mampu memberikan tekanan besar kepada Kelly Purwanto cs. Lewat serangan tajamnya,  Mario Wuysang membawa CLS dengan unggul meyakinkan, 22-13 dengan permainan cepat dan akurasi tembakan mereka.

Penantian 70 Tahun, CLS Knights Surabaya Sukses Juara IBL

Namun kecepatan mereka rupanya tak mampu berlangsung lama. Serangan-serangan efektif CLS di kuarter pertama gagal mereka lanjutkan di kuarter kedua dan mulai terus terkejar raihan poinnya.

Di sisi lain, Pelita Jaya tetap dipimpin oleh sang kapten Kelly Purwanto justru mulai bangkit di permainan kuarter kedua dengan 36-34. Adhi Prasteyo Putra menjadi pengunpul poin terbanyak dengan total raihan 14 poin sepanjang dua kuarter awal.

Pelita Jaya Kewalahan Hadapi CLS di 2 Kuarter Awal

Di kuarter ketiga, Pelita Jaya masih berjaya dengan dominasi penguasaan bola serta serangan balik mematikan sukses menambah 19 poin untuk unggul 55-50. Keunggulan ini pun terus membawa angin segar bagi Andi Batam cs menuju kuarter terakhir.

Raihan poin di kuarter keempat pun semakin sengit. Pelita Jaya justru bisa menambah selisih poinnya dari CLS dengan sempat melaju 69-60, sebelum mengakhiri laga tersebut 77-70.

Adhi Prasteyo Putra pun tetap tampil sebagai pengumpul poin terbanyak dengan mengemas 26 angka dan menjadi salah satu motor kemenangan Pelita Jaya. 

Dengan hasil ini Pelita Jaya berhasil mengukuhkan keunggulan perdananya dalam rangkaian final Best of Three kali ini. Selanjutnya kedua tim akan kembali berduel di final kedua pada Sabtu 28 Mei 2016 dan jika diperlukan maka partai ketiga pun digelar hari Minggu 29 Mei 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya