Pemerintah Dapatkan Solusi Masalah Rio Haryanto?

Pembalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto.
Sumber :
  • Dok. Manor Racing

VIVA.co.id – Pihak pemerintah tampaknya mulai menemukan jalan keluar terkait masalah yang membelit pembalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto. Solusi tersebut, kemungkinan besar baru bisa tereksekusi pada bulan Ramadan nanti.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Seperti diketahui, Rio terancam tak bisa tampil penuh di balapan Formula 1 (F1) musim ini. Sebab, Rio belum menyetorkan uang senilai €15 juta kepada pihak Manor, secara penuh.

Hingga sekarang Rio diketahui baru menyetorkan uang senilai €8 juta kepada Manor untuk membeli kursi di salah satu mobilnya. Andai sisa pembayaran sebesar €7 juta tak kunjung dilunasi, maka pembalap 23 tahun tersebut berpotensi tampil di 11 seri saja.

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, menyatakan ada secercah harapan untuk Rio bisa tampil di balapan F1 musim ini hingga seri terakhir. Beberapa BUMN, disebut Gatot, siap memberikan dukungan sponsor kepada Rio.

"Pada bulan puasa nanti, akan ada semacam penggalangan dana untuk Rio yang digagas oleh beberapa BUMN. Yang menjadi host nantinya, BUMN. Ada permintaan, agar Wakil Presiden Jusuf Kalla bisa hadir dalam acara penggalangan dana tersebut," kata Gatot.

F1 GP Inggris Larang Pembalap Rusia Tampil

Dengan kondisi seperti ini, Gatot pun meminta kepada ibunda Rio, Indah Pennywati, untuk bernegosiasi ulang dengan pihak Manor. Gatot berharap Indah bisa meyakinkan Manor agar pembayaran kursi Rio bisa diundur.

Sebenarnya, Rio diminta untuk melunasi kekurangan €7 juta paling lambat pada akhir Mei 2016 nanti. "Pembagian kekuarangan pembayaran €7 juta dilakukan pada saat pengalangan dana. Kami belum tahu apakah ibu Indah bisa meyakinkan Manor untuk memundurkan jadwalnya atau tidak. Kami tak bisa memberikan jaminan apa-apa untuk membantu memundurkan tenggat waktu tersebut," terang Gatot.

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022