Pelatih CLS Beberkan Kunci Kalahkan Pelita Jaya

Pelatih CLS Knights Surabaya, Wahyu Widayat Jati
Sumber :
  • VIVA.co.id/Radhitya Andriansyah

VIVA.co.id – CLS Knights Surabaya berhasil mengalahkan Pelita Jaya Energi Mega Persada (EMP) Jakarta, dalam game kedua final Indonesia Basketball League (IBL). Sempat tertinggal, tim besutan Wahyu Widayat Jati ini berhasil mencuri kemenangan 59-54, Sabtu, 28 Mei 2016 WIB.

Magis Britama Arena Jadi Ambisi Pelatih CLS untuk Juara

Dalam laga yang dilangsungkan di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta, CLS harus melewati pertarungan sengit kontra Pelita Jaya sebelum memenangkan laga. Bermain imbang di kuarter pertama dan kalah di kuarter kedua, CLS justru mampu membalikkan situasi dan mampu menumbangkan Pelita Jaya.

Kemenangan ini tak lepas dari perubahan strategi yang diterapkan Coach Wahyu di kuarter ketiga. Mario Wuysang cs yang mampu membalikkan keadaan di pertengahan kuarter ketiga, kemudian menerapkan taktik man to man marking guna membatasi pergerakan para pemain Pelita Jaya.

Penantian 70 Tahun, CLS Knights Surabaya Sukses Juara IBL

Terbukti, taktik yang diterapkan mampu menyulitkan Brandon Jawato cs untuk mengembangkan permainannya.

"Ya, memang harus begitu. Setelah kami unggul, kami harus membatasi pergerakan para pemain Pelita (Jaya). Waktu kemarin kita kalah saya sudah bilang, persiapan kita jelek. Jadi sekarang kita buktikan dan saya juga bilang sama anak-anak, persiapan akan memberikan hasil yang sempurna," jelas Coach Wahyu kepada wartawan usai pertandingan.

Pelita Jaya Kewalahan Hadapi CLS di 2 Kuarter Awal

Setelah kemenangan ini, CLS masih harus fokus menghadapi laga terakhir best of three games final IBL. Menurut Coach Wahyu, timnya masih bermasalah dalam sistem defensif, terutama di posisi big man.

Berkaca dari pertandingan ini, eks bintang Satria Muda ini mengatakan tekanan yang diberikan para center CLS masih belum maksimal. Hal ini yang menurutnya harus dimaksimalkan dalam laga pamungkas.

"Kita masih ada masalah dalam rotasi defense khususnya big man. Lihat pertandingan tadi, Adhi (Putra Prasetyo), Koming (Ponsianus Nyoman Indrawan) bisa dengan mudah mendapat bola. Kita kalah di rebound terlalu mudah," lanjut Coach Wahyu.

"Yang jelas kembali ke masalah persiapan. Kalau persiapan kita baik, hasil akhir pasti bisa diraih maksimal," ucapnya.

Game ketiga Pelita Jaya EMP melawan CLS Knights akan kembali digelar di Britama Arena, Minggu 29 Mei 2016 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya