Buntut Tewasnya Salom, Layout MotoGP Catalunya Diubah

Mantan pembalap Moto2 Luis Salom
Sumber :
  • Motor Sport

VIVA.co.id – MotoGP memutuskan tetap melanjutkan balapan di sirkuit Catalunya menyusul kemalangan yang menimpa pembalap Moto2, Luis Salom pada Jumat kemarin, 3 Juni 2016. Rider SAG Team tersebut diketahui tewas dalam kecelakaan maut di atas lintasan.

Ini Rahasia Rossi Berhasil Menangi Balapan di Catalunya

Salom terjatuh ketika melakoni sesi latihan bebas (free practice) 2. Sempat dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi, namun nyawanya tidak bisa diselamatkan.

Pihak penyelenggara telah berkonsultasi dengan keluaga Salom dan menyatakan akan tetap melanjutkan balapan. Cuma, mereka melakukan sedikit perubahan, yakni dengan mengadopsi layout sirkuit untuk F1.

Terungkap, Penyebab Tewasnya Luis Salom

Laporan Crash, Safety Commission telah berdiskusi dengan sejumlah pembalap mengenai perubahan tersebut dan mereka menyatakan setuju. Setidaknya ada dua buah revisi yang dilakukan, yakni untuk tikungan 10 dan 12.

Pada tikungan 10, sirkuit buat F1 biasanya dibuat lebih tajam. Lalu tikungan 12, dibuat chichane (lintasan bentuk S) yang artinya menambah dua belokan sebelum kembali ke trek lurus. (ase)

Terungkap Penyebab Kecelakaan Tragis yang Dialami Luis Salom
Pembalap Ducati, Andrea Iannone, saat menabrak Jorge Lorenzo.

Lorenzo Minta Hukuman Penalti MotoGP Dirombak

Ini menyusul insidennya dengan Iannone di Catalunya.

img_title
VIVA.co.id
9 Juni 2016