Cedera Tak Kunjung Pulih, Bellaetrix Mundur dari Pelatnas?

Tunggal putri Indonesia, Bellaetrix Manuputty
Sumber :
  • badmintonindonesia.org

VIVA.co.id –  PP PBSI akhirnya mengeluarkan sikap terkait cedera lutut parah yang dialami pebulutangkis tunggal putri, Bellaetrix Manuputty. Lewat rilis resmi yang dikeluarkan, PBSI mengklarifikasi tudingan jika telah menelantarkan Bella yang mengalami cedera ketika menghadapi Li Xuerui (Tiongkok), di semifinal Piala Sudirman pada 16 Mei 2015 lalu.

Bellaetrix telah menjalani operasi lutut di RSPAD Gatot Subroto, Senin 13 Juni 2016. Yang jadi masalah adalah operasi penyembuhan cedera tersebut, dibiayai oleh uang pribadi keluarga Bella. Bahkan, ada kabar lainnya yang menyebutkan bahwa Bella juga mendapat bantuan dari Wakil Ketua MPR RI, Oesman Sapta Odang.

Terkait hal ini, rupanya bukan hanya PBSI yang dianggap tak memperhatikan kondisi kesehatan atletnya, pemerintah dalam hal ini Kemenpora juga jadi salah satu pihak yang dianggap tak tanggap. Meski demikian, Kemenpora sudah lebih dulu mengambil sikap terkait proses penyembuhan Bella.

PBSI pun akhirnya menjelaskan kronologi cedera yang dialami Bella. Lewat rilis resminya, PBSI mengaku sudah memberikan beberapa proses penanganan cedera Bella, mulai dari proses MRI (Magnetic Resonance Imaging), hingga proses Exercise Therapy di bawah pengawasan dokter PBSI, dr Michael Triangto.

Terungkap, Alasan PBSI Tunjuk Fadia jadi Tandem Baru Apriyani

Menurut PBSI juga, Bella hanya menjalani Exercise Therapy selama 2 pekan. Bella pun lebih memilih untuk mengungkap keinginannya menjalani operasi di luar negeri dengan biaya sendiri. "Setelah tidak mendapatkan rekomendasi operasi, maka pada 11 Maret 2016, Bella pun menyampaikan keinginannya kepada pengurus untuk menjalani operasi di luar negeri dengan biaya sendiri dan hal tersebut ternyata tidak juga dilakukan,” bunyi rilis resmi PBSI.

“Dan terhitung sejak 16 Maret 2016, Bella sudah tidak lagi berada di pelatnas dan Bella juga tidak merespons komunikasi dari PBSI, termasuk dari sang pelatih, Bambang Supriyanto," bunyi rilis resmi PBSI.

Duh, Indonesia Terpaksa Kurangi Wakilnya di German Open 2022

Bambang Supriyanto yang ditemui VIVA.co.id membenarkan memang sulit menghubungi Bella, sehingga ia tidak tahu seperti apa kondisi terakhirnya. “Setelah dia minta izin operasi di Filipina sampai sekarang tidak bisa dihubungi, dan saya tak tahu kondisinya. Dan kemungkinan besar ia akan mengundurkan diri dari pelatnas,” ungkap Bambang.

“Segala cara sudah kita lakukan untuk memulihkan kondisi Bella. Dari mulai pengobatan dokter, fisioterapi sampai akupuntur hingga sudah lumayan kondisinya, tapi saat dicoba lagi ternyata masih ada trauma yang membuatnya ada sedikit rasa sakit lagi dan seperti itu terus,” tegas mantan pemain ganda putra era 1990an itu.

Kesempatan Praveen/Melati Buktikan Diri di All England 2022
Pendukung pemain bulutangkis Indonesia di Istora Senayan

Penonton Berpotensi Hadir di Indonesia Open dan Masters, Ini Kata PBSI

PP PBSI bersiap menyambut kembalinya penonton di dalam pertandingan bulutangkis. Rencananya, Indonesia Masters dan Indonesia Open 2022 pada Juni mendatang.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022