Menpora Kukuhkan Kontingen Indonesia Menuju Olimpiade 2016

Kontingen Indonesia menuju Olimpiade 2016
Sumber :

VIVA.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mengukuhkan dan melepas kontingen Indonesia menuju Olimpiade Rio de Janeiro 2016 di Wisma Menpora, Senayan, Jakarta. Atlet lompat jauh, Maria Londa, dan lifter, Tri Yuli Irawan, mewakili rekan-rekannya membacakan janji atlet.

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

"Saya yakin, apa yang kita lakukan dan usahakan tidak akan ada yang sia-sia. Tentu, kita semua saling mendoakan dan juga mendoakan teman-teman kita yang sekarang masih berjuang untuk berangkat menuju Rio. Marilah kita kokohkan cita-cita kita untuk mengibarkan Merah Putih di Olimpiade," kata Menpora memberikan sambutan.

Sebagai bentuk penghormatan pemerintah kepada para atlet, menurut Menpora, pemerintah meluncurkan program penghargaan masa tua.

Rizky Juniansyah Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Angkat Besi Punya 2 Wakil

"Pemerintah sudah meluncurkan program untuk para atlet Indonesia. Yaitu, program penghargaan masa tua. Itu adalah suatu bentuk penghormatan kita kepada para atlet yang telah mengharumkan nama Bangsa Indonesia," tambahnya.

Dalam acara pengukuhan yang dihadiri para atlet dan pejabat olahraga nasional tersebut, Menpora menyerahkan bendera Merah Putih kepada Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Tohir. Kemudian, Erick menyerahkan bendera Merah Putih kepada ketua kontingen Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

Sabet Tiket Olimpiade 2024, Eko Yuli Irawan Bikin Sejarah Baru

Menpora selaku pemerintah juga berjanji akan terus mendukung para atlet yang akan bertanding nanti. "Kalian semua harus memiliki mental juara. Kalian juga harus meyakini bahwa kalian adalah yang terbaik," tambah Imam.

"Saya pribadi yakin bahwa kalian akan membanggakan Indonesia. Dan, kalian akan mendapatkan emas untuk Indonesia. Indonesia mampu, Indonesia bisa, Indonesia Juara," tambah Menpora memberikan semangat kepada para atlet.

Seperti diketahui, pengukuhan dan pelepasan kontigen Merah Putih ke Olimpiade dimajukan sepekan, karena pertimbangan teknis. Sebab, sebagian atlet akan pergi ke tempat yang lain. Seperti angkat besi ke Capetown, Afrika Selatan, untuk pemusatan latihan terakhir dan bulutangkis langsung ke kamp di Sao Paolo, Brasil.

Hingga saat ini, tercatat sudah 26 atlet Indonesia yang akan tampil di Olimpiade 2016. Terdiri dari cabang bulutangkis yang meloloskan 10 atlet, angkat besi tujuh atlet, panahan empat atlet, dayung dua atlet, balap sepeda satu atlet, atletik satu atlet, dan satu atlet renang dari wild card.

Jumlah kontingen masih bisa bertambah karena ada cabor yang akan menjalani kualifikasi terakhir. Namun demikian, jumlah atlet yang lolos ke Olimpiade 2016 sudah dipastikan lebih banyak dari kontingen Olimpiade 2012, yakni 22 atlet. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya