Jokowi Harapkan Indonesia Raya Berkumandang di Olimpiade

Kontingen Indonesia bersama Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo secara resmi melepas kontingen Indonesia ke Olimpiade 2016, Rio de Janeiro. Acara pelepasan dilakukan di halaman depan Istana Negara, Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu 22 Juni 2016.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Sebanyak 25 atlet yang akan bertanding di ajang multievent terbesar dunia tersebut hadir. Mereka didampingi oleh beberapa pejabat negara seperti Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, hingga Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir.

Lewat pidatonya di upacara pelepasan tersebut, Jokowi berharap atlet-atlet yang bertanding di Olimpiade bisa membawa pulang medali ke Tanah Air. Hingga sekarang, Indonesia sudah mengoleksi 27 medali dari ajang Olimpiade.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Upacara pelepasan kontingen Indonesia ke Olimpiade 2016.

Dan, Jokowi berharap perolehan tersebut bisa bertambah. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar para atlet meniru semangat para pejuang olahraga di Olimpiade 1952, di mana itu menjadi penampilan pertama Indonesia, saat berjuang meraih medali.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

"Saya percaya semangat yang sama ada di dalam diri Anda semua yang akan berangkat ke Rio de Janeiro. Semangat memberikan yang terbaik bagi Indonesia, dan mengharumkan nama bangsa di pentas dunia," kata Jokowi, Rabu 22 Juni 2016.

"Dari Tanah Air, saya menantikan lagu Indonesia Raya berkumandang di Rio de Janeiro," lanjutnya.

Jokowi pun meminta kepada seluruh atlet untuk tetap menjaga sportivitas. Dia juga berharap kontingen Indonesia bertindak santun selama berada di Brasil.

Memang, saat ini kontingen Indonesia yang berangkat ke Olimpiade berjumlah 25 orang. Namun, itu masih bisa bertambah mengingat masih ada cabang olahraga yang belum selesai menggelar kualifikasi.

Sebut saja renang dan voli pantai. Sebenarnya, jumlah atlet Indonesia yang lolos ke Olimpiade edisi kali ini sudah lebih banyak ketimbang sebelumnya, 2012 (22 atlet). (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya