TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Akibat Komunikasi Radio, Rosberg Turun ke Peringkat 3

Rosberg terkena penalti 10 detik pada balapan F1 GP Inggris.
Akibat Komunikasi Radio, Rosberg Turun ke Peringkat 3
Pembalap Mercedes, Nico Rosberg. (REUTERS)

VIVA.co.id - Nico Rosberg dinyatakan bersalah karena melanggar aturan dalam komunikasi dengan tim via radio pada balapan Formula 1 (F1) GP Inggris, Minggu 10 Juli 2016. Pembalap Mercedes ini pun terpaksa harus turun posisi finisnya ke peringkat ketiga.

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkut Silverstone tersebut, Rosberg sebenarnya berhasil finis di posisi dua atau di belakang Lewis Hamilton. Namun, pengawas balapan menilai Rosberg melakukan pelanggaran pada lap ke-47.

Rosberg yang mengalami masalah pada girboks mobilnya, melakukan komunikasi dengan tim via radio. Sayangnya, tim dari Mercedes memberikan saran kepadanya agar menghindari gigi tujuh demi mencegah kerusakan girboks.

Federasi Otomotif Internasional (FIA) yang langsung melakukan penyelidikan atas kasus tersebut, menyatakan bila Rosberg bersalah. Pembalap berusia 31 tahun itu pun terkena penalti 10 detik dan turun ke posisi tiga, membuat Max Verstappen naik peringkat dua.

"Setelah mempertimbangkan masalah ini dengan seksama, Steward memutuskan bahwa tim telah memberikan instruksi kepada pembalap yang secara spesifik diperbolehkan di dalam Pengarahan Teknis 014-16," demikian pernyataan dari FIA.

"Namun, Steward menemukan bahwa tim juga melangkah terlalu jauh dan memberikan instruksi kepada pembalap yang tidak diizinkan dalam Pengarahan Teknis, dan merupakan pelanggaran pasal 27.1 dalam Regulasi Balapan, di mana pembalap harus mengemudikan mobilnya sendirian dan tanpa bantuan,” lanjut pernyataan tersebut, seperti dilansir Crash.

Aturan yang dibuat FIA ini memang baru disahkan di GP Australia pada 20 Maret 2016 lalu. FIA hanya mengizinkan beberapa hal yang boleh dikomunikasikan lewat radio antara pembalap dan tim, yakni data dan display di papan pit.

Sedangkan pembahasan di luar hal tersebut adalah dilarang, dan bila dilanggar maka akan dikenai hukuman penalti. Aturan ini dibuat agar para kru di pit stop tidak banyak membimbing pembalap yang berada di lintasan.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP