Berenang Ternyata Bermanfaat Bagi Otak Manusia

Olahraga yang patut dicoba si kecil mencakup berenang, lari, dan bersepeda.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kita semua tahu apa manfaat olahraga pada tubuh. Namun, beberapa jenis olahraga juga menawarkan sejumlah manfaat bagi otak Anda. Misalnya, berenang yang dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak.

5 Manfaat Main Basket Bagi Tubuh dan Mental

Sebuah studi yang belum lama ini dilakukan mengklaim bahwa sirkulasi darah orang-orang yang sedang berada di dalam air jauh lebih baik dibandingkan mereka yang sedang berada di darat, Ini adalah studi yang dilakukan untuk melihat manfaat kardiovaskular dari sejumlah aktivitas.

Studi tersebut, seperti dilansir laman Boldsky, juga mengklaim bahwa ketika tubuh seseorang berada di dalam air dengan ketinggian setara dengan area dada, maka sirkulasi darahnya menjadi lebih baik, termasuk aliran darah ke otak. 

5 Manfaat Olahraga untuk Atasi Kolesterol, Ampuh Usir Lemak Jahat

Dalam studi tadi, peneliti meneliti kaitan antara keberadaan tubuh di dalam air dan aktivitas otak pada 10 orang. Awalnya mereka diminta berdiri di dalam tangki air yang telah dikosongkan.

Setelah detak jantung dan data lainnya dicatat, air lantas dipompa ke dalam tank hingga setinggi area dada peserta studi. Data mengenai detak jantung dan lain-lain pun kembali dikumpulkan.

Olahraga Cricket Mulai Digemari, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Tak hanya memperbaiki sirkulasi darah ke otak, berenang juga dapat merilis hormon endorfin dan meningkatkan neurogenesis hippocampal, sehingga mampu mempromosikan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel baru di otak.

Selain itu, akan ada suplai darah yang lebih banyak dialirkan ke otak saat Anda berenang. Ini berarti lebih banyak nutrisi dan oksigen yang disuplai ke otak.

Karena melibatkan peregangan, bergerak dan bernapas, maka berenang juga dapat menjadi aktivitas yang bermanfaat menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan dengan berbagai cara.

Untuk itu, jika Anda ingin menjaga otak tetap tajam dan tubuh terus aktif, berenang bisa menjadi jenis olahraga tepat bagi Anda.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya