TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Finlandia Jadi Tuan Rumah MotoGP 2018, Ini Reaksi Kemepora

Sebelumnya, Indonesia ramai diberitakan akan mendapat kesempatan ini.
Finlandia Jadi Tuan Rumah MotoGP 2018, Ini Reaksi Kemepora
Balapan MotoGP (REUTERS)

VIVA.co.id – Finlandia dikabarkan mendapat restu dari Dorna Sports, selaku operator gelaran MotoGP untuk menjadi tuan rumah pada 2018 mendatang. Kabar yang cukup mengejutkan bagi Indonesia.

Sebab, sebelumnya Palembang atau Sirkuit Sentul yang ramai diberitakan akan mendapat kesempatan tersebut. Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi dan Olahraga Kemenpora, Gatot S Dewa Broto mencoba memberi penjelasan.

Dia menegaskan, surat dari Dorna yang diterima Kemenpora pada 6 Juli 2016 lalu isinya tidak memberi kepastian Indonesia akan jadi tuan rumah MotoGP dua tahun lagi. Karena hingga saat ini, masih banyak syarat yang mesti dipenuhi.

Meski punya dua kandidat sirkuit, namun semuanya masih belum pasti. Sentul yang sudah memiliki lintasan masih harus memenuhi FIM homologation (standar sirkuit) untuk menjadi tuan rumah.

Sedangkan Palembang hingga saat ini baru sekedar wacana. Terkait semuanya, Gatot meminta kepada pihak terkait untuk serius merealisasikan niatnya dengan menggarap semua sesuai dengan standar Dorna.

"Yang perlu kita ketahui dan menjadi harapan Indonesia, surat Carmelo Ezpelata (CEO Dorna) pada 6 Juli yang mengatakan kalau Sentul tertutup untuk 2016, berarti meski tak tersurat jika mau 2018 ya persyaratanya dipenuhi," kata Gatot di Media Center Kemenpora, Senin 18 Juli 2016

"Dorna belum mengatakan iya pada Palembang. (Mereka) baru meminta keseriusan memenuhi syarat. Selain itu hal-hal yang terkait infrastruktur pariwisata juga mesti dibangun," ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Komunikasi Publik Kemenpora tersebut.

Menurut Gatot, surat terkait keinginan Palembang menjadi tuan rumah MotoGP sudah dikirimkan ke Presiden melalui Sekretariat Negara pada 10 Maret 2016. Namun, hingga saat ini belum ada pembahasan lebih lanjut.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP