TUTUP
TUTUP
SPORT

Rencana Radio Tim di MotoGP, Rossi dan Marquez Beda Pendapat

Keduanya memiliki pandangan berbeda akan wacana ini.
Rencana Radio Tim di MotoGP, Rossi dan Marquez Beda Pendapat
Marc Marquez (kiri) dan Valentino Rossi saat akan melakukan pergantian motor. (MotoGP)

VIVA.co.id - Komunikasi antara pembalap dan tim lewat radio, memang menjadi hal yang bisa menguntungkan di ajang balapan Formula 1 (F1). Lalu, bagaimana bila hal tersebut diterapkan pada balapan motor seperti MotoGP?

Wacana pemakaian radio tim pada ajang MotoGP mulai mengemuka usai beberapa hasil yang didapat pada balapan basah di GP Belanda dan Jerman. Balapan dalam kondisi lintasan basah memang bisa dibilang jadi sebuah perjudian dan keberuntungan bagi pembalap.

Terlebih, bila lintasan mulai mengering dan cuaca membaik saat balapan tengah berlangsung. Pada GP Jerman yang dihelat di Sirkuit Sachsenring, Minggu 17 Juli 2016, Marc Marquez keluar sebagai pemenang karena keputusan tepat tim Repsol Honda untuk mengganti motornya.

Keputusan itu berkat analisis tim Honda yang melihat beberapa sektor lintasan sudah kering lewat gambar yang diambil dari helikopter. Beda dengan Valentino Rossi yang harus puas finis di posisi 8.

Pembalap Movistar Yamaha itu mengindahkan instruksi tim yang menyuruhnya mengganti motor. Rossi yang berada di posisi 2, sempat dua kali melewati pit stop hingga akhirnya mengganti motor kala balapan tinggal menyisakan 5 lap lagi.

Rossi beralasan tidak jelas melihat papan pengumuman dari tim di pinggir lintasan. Hal serupa terjadi pada Andrea Dovizoso yang sempat memimpin balapan. Beruntung dia bisa finis di peringkat 3.

Melihat kondisi tersebut, Rossi mengakui bila memasang radio tim bisa memudahkan seorang pembalap di lintasan, seperti di ajang F1. Dengan begitu, dia bisa mengatur strategi dengan mudah saat balapan berlangsung.

“Saya masih belum tahu apakah lebih baik memasang radio tim di MotoGP seperti di F1. Tapi faktanya, komunikasi langsung (antara pembalap dan tim saat balapan) bakal lebih mudah,” kata Rossi seperti dilansir Marca.

Kata Marquez...

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP