TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Vettel: Aturan Radio Tim Cuma Omong Kosong

FIA terus mengubah soal aturan radio tim.
Vettel: Aturan Radio Tim Cuma Omong Kosong
Pembalap Tim Ferrari, Sebastian Vettel (REUTERS/Aly Song)

VIVA.co.id – Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, mengaku heran dengan aturan yang dibuat FIA soal komunikasi dengan tim via radio. Dia melihat aturan-aturan tersebut hanya omong kosong belaka.

FIA pada 20 Maret 2016 mengeluarkan aturan baru dengan mengizinkan beberapa hal yang boleh dikomunikasikan lewat radio antara pembalap dan tim. Antara lain, data dan display di papan pit.

Sementara itu, pembahasan di luar hal tersebut adalah dilarang, dan bila dilanggar maka akan dikenai hukuman penalti. Aturan ini dibuat agar para kru di pitstop tidak banyak membimbing pembalap yang berada di lintasan.

Namun, FIA kembali mengubah aturan tersebut dengan menyatakan bila pembalap boleh diberi tahu tentang teknis kerusakan mesin oleh tim. Asalkan, si pembalap masuk pitstop untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Melihat kondisi tersebut, Vettel merasa aturan-aturan tersebut cukup menjadi lelucon. "[Ini]  omong kosong. Saya pikir semua masalah radio yang kami punya adalah lelucon," kata Vettel, seperti dilansir Motorsport.

"Saya melihat, misalkan saya sebagai penonton, itu cukup menghibur untuk mendengar pembalap sedikit panik di radio dan tim panik pada saat yang sama. Saya pikir itu adalah unsur manusia dalam olahraga kami, yang bisa dibilang sangat rumit dan teknis," tuturnya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP