Vettel: Aturan Radio Tim Cuma Omong Kosong

Pembalap Tim Ferrari, Sebastian Vettel
Sumber :
  • REUTERS/Aly Song

VIVA.co.id – Pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, mengaku heran dengan aturan yang dibuat FIA soal komunikasi dengan tim via radio. Dia melihat aturan-aturan tersebut hanya omong kosong belaka.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

FIA pada 20 Maret 2016 mengeluarkan aturan baru dengan mengizinkan beberapa hal yang boleh dikomunikasikan lewat radio antara pembalap dan tim. Antara lain, data dan display di papan pit.

Sementara itu, pembahasan di luar hal tersebut adalah dilarang, dan bila dilanggar maka akan dikenai hukuman penalti. Aturan ini dibuat agar para kru di pitstop tidak banyak membimbing pembalap yang berada di lintasan.

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

Namun, FIA kembali mengubah aturan tersebut dengan menyatakan bila pembalap boleh diberi tahu tentang teknis kerusakan mesin oleh tim. Asalkan, si pembalap masuk pitstop untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Melihat kondisi tersebut, Vettel merasa aturan-aturan tersebut cukup menjadi lelucon. "[Ini]  omong kosong. Saya pikir semua masalah radio yang kami punya adalah lelucon," kata Vettel, seperti dilansir Motorsport.

F1 GP Inggris Larang Pembalap Rusia Tampil

"Saya melihat, misalkan saya sebagai penonton, itu cukup menghibur untuk mendengar pembalap sedikit panik di radio dan tim panik pada saat yang sama. Saya pikir itu adalah unsur manusia dalam olahraga kami, yang bisa dibilang sangat rumit dan teknis," tuturnya.

Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022