TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Dinilai Langgar Bendera Kuning, Rosberg Tetap Pole Position

Pole position F1 GP Hungaria masih aman di tangan Rosberg.
Dinilai Langgar Bendera Kuning, Rosberg Tetap Pole Position
Pembalap Mercedes, Nico Rosberg (REUTERS/Laszlo Balogh)

VIVA.co.id – Nico Rosberg tetap akan start dari posisi terdepan pada GP Hungaria akhir pekan ini, setelah dinyatakan tidak melanggar peraturan bendera kuning dalam kualifikasi hari Sabtu kemarin, 23 Juli 2016.

Rosberg berhasil mengalahkan rekan satu timnya di Mercedes, Lewis Hamilton, untuk merebut pole position, tetapi menimbulkan perdebatan. Sebab, waktu tercepat yang dicatatkan Rosberg tercipta, saat bendera kuning dikibarkan saat mobil Fernando Alonso melintir di tikungan 8.

Meski banyak pembalap membatalkan putaran mereka, Rosberg terus mempertahankan momentum di lap 7 meski tampak jelas bendera kuning sudah dikibarkan.

Tetapi, menurut Crash.net, Rosberg akhirnya dinyatakan sebagai pemilik pole position yang sah. Menurut stewards, Rosberg tepat memasuki tikungan 8, saat bendera hijau kembali berkibar.

"Hasil telemetry menujukkan kalau pembalap mengurangkan kecepatannya cukup signifikan memasuki tikungan 8," tulis pernyataan FIA terkait kasus Rosberg.

Rosberg sendiri akhirnya bisa bernafas lega. Pembalap Jerman tersebut menilai pole position di Hungaroring memberikannya semangat tersendiri jelang balapan nanti.

"Ada dua bendera kuning dikibarkan, tetapi saya benar-benar mengangkat (gas) dan saya kehilangan banyak waktu sebagai hasilnya. Dan, saya merasa lebih lambat dari putaran sebelumnya di sektor tersebut jadi saya yakin akan baik-baik saja," ujar Rosberg tenang.

Rosberg dan rekannya, Lewis Hamilton, akan mengisi front row pada balapan hari Minggu malam nant. Diikuti oleh duo Red Bull, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen. Sementara itu, Sebastian Vettel hanya bisa menempatkan Ferrari-nya di posisi start lima. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP