Ketahui Hal-hal Berikut Sebelum Olahraga Joging

Ilustrasi lari
Sumber :
  • REUTERS/David W Cerny

VIVA.co.id – Joging atau lari menjadi cara efektif yang murah untuk menurunkan berat badan. Meski mudah dilakukan dan tidak memerlukan peralatan rumit, namun ada beberapa aturan yang harus Anda ikuti ketika melakukan olahraga ini.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Perlu juga diingat, jika Anda punya masalah kesehatan akan lebih baik Anda berkonsultasi dengan praktisi medis untuk mengetahui apakah berlari aman bagi Anda.

Berikut ini adalah beberapa aturan yang harus Anda ikuti saat berolahraga joging seperti dilansir laman Boldsky.

Diplomasi Stadion Tiongkok, Eksploitasi Ekonomi atau Kemitraan Murni di Afrika?

Pakai pakaian olahraga yang tepat

Gunakan pakaian berbahan tipis yang mampu menyerap keringat. Jika udara dingin, tutupi tangan, kaki, dan kepala Anda untuk menciptakan suhu panas. Jangan lupa juga gunakan sepatu olahraga yang sesuai dan jangan gunakan sepatu yang sudah koyak atau rusak.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Lakukan pemanasan sebelum joging

Lakukan gerakan pemanasan dengan meregangkan tubuh agar otot Anda yang lemas kembali kuat.

Jaga cairan tubuh

Apapun cuacanya, tubuh Anda akan kehilangan cairan dalam bentuk keringat ketika joging. Jadi, minumlah air yang cukup atau minuman olahraga tertentu sebelum, selama, dan sesudah berolahraga agar cairan tubuh Anda terjaga.

Buat target

Mulailah dengan berlari ringan kemudian tambah kecepatannya. Anda harus membuat target waktu dan jarak berlari Anda.

Jangan gunakan headphone saat joging

Memakai headphone atau headset hanya akan mengalihkan perhatian Anda dari lingkungan alam di sekitar Anda. Sehingga Anda tidak menyadari ada kendaraan cepat yang melintas di dekat Anda.

Jangan memakai pakaian lembab terlalu lama

Tidak segera mengganti pakaian basah Anda setelah joging bisa membuat Anda terkena hipotermia karena suhu tubuh yang menurun. Jadi, segeralah mengganti baju Anda yang sudah basah.

Jangan joging di wilayah yang terlalu sepi

Hindari wilayah yang terlalu sebagai lokasi berlari Anda terutama ketika sendirian, apalagi tanpa membawa kartu identitas. Ini bisa menjadi ancaman keselamatan dan keamanan Anda ketika di luar.

Jangan berlari kalau merasa sakit

Sebaiknya hindari dahu;lu berlari kalau Anda mengalami cedera karena lari hanya akan menambah rasa sakit dan jika bertambah parah, Anda hanya akan berakhir terbaring di tempat tidur selama 1-2 minggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya