TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Wada Kecewa dengan Keputusan IOC

Rusia masih bisa tampil di Olimpiade Brasil 2016.
Wada Kecewa dengan Keputusan IOC
Olimpiade 2016 Rio de Janeiro (REUTERS/Ricardo Moraes)

VIVA.co.id – The World Anti-Doping Agency (Wada) kecewa dengan keputusan International Olympic Committee (IOC) karena masih memperbolehkan Rusia untuk mengikuti Olimpiade Brasil 2016. Wada memang merekomandasikan kepada IOC agar mencoret Rusia dari Olimpiade Brasil, karena kasus doping. 

IOC memutuskan memberikan kewenangan pemberian sanksi kepada setiap federasi olahraga, terkait kasus doping di Rusia . Agar bisa tampil di Olimpiade atlet Rusia diminta untuk membuktikan jika dirinya tidak terlibat doping. 

"Program doping yang dilakukan oleh negara Rusia sangat merusak prinsip-prinsip olahraga bersih, yang diwujudkan di Wada," kata Presiden Wada Sir Craig Reedie dikutip dari BBC, Senin 25 Juli 2016.

Kasus doping Rusia terkuat setelah pelari Rusia, Yulia Stepanova membeberkan rahasia doping yang dilakukan oleh negaranya. Doping tersebut dilakukan oleh Rusia sejak tahun 2011.

Pemimpin tim investigasi, Richard McLaren, bahkan mengklaim Kementerian Olahraga Rusia memanipulasi tes doping dan hasilnya. Sementara itu, Usada (asosiasi anti-doping Amerika) memperjuangkan agar Stepanova dapat mengikuti olimpiade Brasil, namun tidak diperbolehkan IOC. 

Alasan Usada tetap menginginkan Stepanova bermain di Olimpiade adalah karena ia merupakan whistleblower dalam kasus tersebut. Kepala Usada Travis Tygart mengatakan, keputusan yang diambil oleh sangat mengecewakan terhadap atlet yang bersih. 

"Atlet bersih dan whistleblower, telah menunjukkan keberaniandan kekuatan dalam menghadapi budaya doping yang didukung oleh negara," kata Tygart. 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP