Wada Kecewa dengan Keputusan IOC

Olimpiade 2016 Rio de Janeiro
Sumber :
  • REUTERS/Ricardo Moraes

VIVA.co.id – The World Anti-Doping Agency (Wada) kecewa dengan keputusan International Olympic Committee (IOC) karena masih memperbolehkan Rusia untuk mengikuti Olimpiade Brasil 2016. Wada memang merekomandasikan kepada IOC agar mencoret Rusia dari Olimpiade Brasil, karena kasus doping. 

SOIna Dapat Dukungan 'Senjata' Baru, Atlet Disabilitas Siap Harumkan Indonesia

IOC memutuskan memberikan kewenangan pemberian sanksi kepada setiap federasi olahraga, terkait kasus doping di Rusia . Agar bisa tampil di Olimpiade atlet Rusia diminta untuk membuktikan jika dirinya tidak terlibat doping. 

"Program doping yang dilakukan oleh negara Rusia sangat merusak prinsip-prinsip olahraga bersih, yang diwujudkan di Wada," kata Presiden Wada Sir Craig Reedie dikutip dari BBC, Senin 25 Juli 2016.

Kisah Cinta Susy Susanti dan Alan Budikusuma, dari Raket Turun ke Hati

Kasus doping Rusia terkuat setelah pelari Rusia, Yulia Stepanova membeberkan rahasia doping yang dilakukan oleh negaranya. Doping tersebut dilakukan oleh Rusia sejak tahun 2011.

Pemimpin tim investigasi, Richard McLaren, bahkan mengklaim Kementerian Olahraga Rusia memanipulasi tes doping dan hasilnya. Sementara itu, Usada (asosiasi anti-doping Amerika) memperjuangkan agar Stepanova dapat mengikuti olimpiade Brasil, namun tidak diperbolehkan IOC. 

Ketika Indonesia Bikin Sejarah Olimpiade Lewat Olahraga Sunnah Rasul

Alasan Usada tetap menginginkan Stepanova bermain di Olimpiade adalah karena ia merupakan whistleblower dalam kasus tersebut. Kepala Usada Travis Tygart mengatakan, keputusan yang diambil oleh sangat mengecewakan terhadap atlet yang bersih. 

"Atlet bersih dan whistleblower, telah menunjukkan keberaniandan kekuatan dalam menghadapi budaya doping yang didukung oleh negara," kata Tygart. 

Anindya Bakrie

Cdm Indonesia Anindya Bakrie Ingin Pertahankan Tradisi Emas Olimpiade

Anindya Bakrie menggelar silaturahmi sekaligus dialog bertajuk "Menjaga Semangat Kolektif Menuju Merah Putih Berkibar" membahas kesiapan Tim Indonesia menuju Olimpiade.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024