TUTUP
TUTUP
SPORT

Balap Sepeda Siap Harumkan Indonesia di Olimpiade

Indonesia diwakili Toni Syarifudin di nomor Sepeda BMX Supercross.
Balap Sepeda Siap Harumkan Indonesia di Olimpiade
Kontingen Indonesia menuju Olimpiade 2016

VIVA.co.id – Cabang olahraga (cabor) balap sepeda menjadi salah satu dari tujuh cabor diikuti Indonesia di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil. Satu atlet di nomor Sepeda BMX Supercross, Toni Syarifudin, jadi satu-satunya andalan Merah-Putih di cabor ini.

Kesuksesan cabor balap sepeda, khususnya BMX Supercross, adalah yang pertama kali bagi Indonesia. Hal ini jelas menjadi sebuah prestasi bagi Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), di mana atletnya bisa jadi salah satu pilar Indonesia di Olimpiade 2016.

"Sepeda ada empat disiplin. Disiplin track, route, MTB (Mountain Bike), dan BMX. Yang berangkat cuma BMX, dan tidak menggunakan wild card tapi menggunakan kuota setelah pra-kualifikasi yang digelar di Kolombia," ujar Raja Sapta Oktohari, Ketua PB ISSI dalam wawancara eksklusif dengan VIVA.co.id, Selasa, 26 Juli 2016.

"Ini merupakan sejarah, yang pertama kali bagi Indonesia BMX ikut ke Olimpiade. Ini kebanggaan buat kami. Ini jadi prestasi buat kami dan kami mengapresiasi kawan-kawan yang ada di komisi BMX (ISSI). Ini bisa jadi stimulan buat event-event lainnya," imbuhnya.

Cabor BMX Supercross sebenarnya hampir saja tidak ikut ke Olimpiade 2016. Cabor ini sebelumnya sudah dicoret dari daftar 13 cabor yang akan diberangkatkan Indonesia ke Olimpiade 2016. Namun, dengan perjuangan dan pembuktian, PB ISSI selaku induk federasi olahraga sepeda tertinggi di Indonesia, sukses meloloskan wakilnya ke Brasil.

Perjalanan Toni Syarifudin

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP