Kontingen Olimpiade Indonesia Bertolak ke Brasil Sore Ini

Pelepasan kontingen Olimpiade 2016 di kantor KOI
Sumber :
  • Raden Radhitya Rebon/ VIVA.co.id

VIVA.co.id - Kontingen Olimpiade Indonesia bakal bertolak menuju Rio de Janeiro, Brasil, Rabu 27 Juli 2016. Pelepasan dilaksanakan di Kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI), namun tidak seluruh atlet hadir di sana.

Dalam acara itu, turut hadir Wakil Ketua KOI, Muddai Madang, Deputi IV Kemenpora, Gatot Dewa Broto serta Chief de Mission (CdM) Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari. Hanya perwakilan cabor panahan dan atletik saja yang hadir.

Dalam kesempatan ini, Raja Sapta Oktohari selaku CdM Olimpiade Indonesia, menegaskan keyakinan jika kontingen Indonesia akan mampu meraih medali emas di Brasil nanti.

"Dari sepanjang persiapan, hari ini kami akan berangkat ke Rio. Kami ingin memberikan apresiasi kepada KOI, Kemenpora, Satlak Prima, dan KONI, yang dengan sangat luar biasa memberikan banyak kemudahan para atlet dan kepada kami," kata Oktohari kepada wartawan.

"Saya pikir semua effort dan dukungan telah diberikan pihak-pihak tersebut dengan sangat maksimal. Meski banyak tantangan disana baik Virus Zika, keamanan, dan kriminalitas. Tapi kami sudah bulatkan tekad akan datang ke Brasil untuk menjemput (medali) emas," imbuhya.

Sementara itu, Muddai Madang juga mengatakan hal senada dengan Oktohari. Dengan prediksi bisa meraih tiga medali emas, Muddai mendorong agar para atlet bisa fokus dalam pertandingan. Ia juga berpesan kepada para atlet terkait isu keamanan di Brasil, agar para atlet senantiasa disiplin dalam kegiatan selama berada di sana.

"Saya yakin kita akan bisa medali emas. Saya juga ingatkan kepada para atlet, agar tetap fokus dan dan tidak perlu takut dengan situasi keamanan di sana. Khawatir boleh, tapi tidak perlu takut," kata Muddai.

"Ibarat berperang, para atlet ini juga akan berangkat ke medan perang. Oleh karena itu kita tidak boleh takut," tegasnya.

Kontingen Indonesia akan menurunkan 28 atlet dan tujuh cabor berbeda. Kontingen Indonesia dijadwalkan akan bertolak ke Brasil lewat Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sekitar pukul 18.00 WIB.

Tak Raih Medali, Dewi akan Kejar Peringkat Terbaiknya
Fehaid Al-Deehani jadi atlet tanpa negara pertama peraih emas Olimpiade

Al-Deehani, Atlet Tanpa Negara Pertama Raih Emas Olimpiade

Dia jadi atlet independen karena negaranya dihukum IOC.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016