Kemenpora Jamin Dana Kontingen Olimpiade Cair dalam 2 Hari

Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Satria Permana

VIVA.co.id - Kontingen Olimpiade Indonesia dijadwalkan akan berangkat ke Rio de Janeiro, Brasil, hari ini, Rabu 27 Juli 2016. Kabar baik menyertai keberangkatan kontingen Merah-Putih di mana Kemenpora memberikan jaminan jika dana Rp35 miliar untuk Olimpiade akan segera cair dalam dua hari ke depan.

Kepastian dana untuk Kontingen Indonesia di Olimpiade 2016 dikonfirmasi oleh Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot Dewa Broto. Gatot menjelaskan, total dana yang dikeluarkan Kemenpora untuk kontingen sudah diberikan lebih dulu sebanyak 70 persen.

Kemudian, menurutnya, pihak Kemenpora akan segera memberikan sisa 30 persen dana tersebut dalam dua hingga tiga hari ke depan. Gatot mengatakan pihaknya tidak ingin mengganggu fokus atlet akibat permasalahan dana.

"Hari ini saya pastikan anggaran yang digelontorkan kepada KOI, khususnya untuk CdM sebesar Rp35 miliar. Sebelumnya 70 persen sudah diberikan dan sisanya 30 persen, baru saja kami dapat laporan dari kantor (Kemenpora), bahwa dua tiga hari ini akan selesai dan akan segera kami segera berikan kepada KOI," kata Gatot kepada wartawan, Rabu, 27 Juli 2016.

"Sehingga, ini jadi kabar yang baik. Selain itu, kami juga tidak ingin Pak Okto (Raja Sapta Oktohari) dan para atlet, memikirkan masalah ini saat sudah sampai di Brasil. Ini berbeda seperti saat Olimpiade London 2012, dimana uangnya baru dibawa menjelang pembukaan," katanya lagi.

Selain itu, menyampaikan pesan dari Menpora, Imam Nahrawi, Gatot mengutarakan dukungan dan keyakinan Kemenpora jika Kontingen Olimpiade Indonesia akan mampu merebut kembali medali emas. Diketahui, Indonesia sempat gagal mendulang emas empat tahun silam.

"Kami yakin, medali emas yang Olimpiade London kita tidak dapatkan, akan kita dapatkan lagi. Kami juga sadar harus memanjakan atlet, artinya kami akan penuhi semua yang memang menjadi hak mereka," ucap Gatot. (ase)

Sri Wahyuni, 'Wonder Woman' di Pentas Olimpiade
Peraih medali emas renang Olimpiade 2010 dan 2016, Conor Dwyer

Peraih Medali Emas Olimpiade Tersandung Kasus Doping, Pilih Pensiun

Dwyer mengaku butuh obat tersebut.

img_title
VIVA.co.id
12 Oktober 2019