TUTUP
TUTUP
SPORT

Kemenpora Persilakan Rio Haryanto Cari Sponsor Asing

Rio terancam tidak bisa menyelesaikan balapan F1 sampai akhir musim.
Kemenpora Persilakan Rio Haryanto Cari Sponsor Asing
Pembalap Manor Racing, Rio Haryanto. (Reuters / Andrew Boyers)

VIVA.co.id - Masa depan Rio Haryanto di ajang Formula 1 (F1) hingga hari ini masih belum jelas. Meski dipastikan akan tetap balapan di GP Jerman akhir pekan ini, Rio belum tentu bisa menyelesaikan musim tahun ini.

Kekurangan dana €7 juta (Rp102 miliar) yang wajib disetor manajemen Rio kepada Tim Manor belum juga bisa ditutupi.  Jumlah tersebut merupakan sisa dari total dana €15 juta (Rp218 miliar), yang jadi mahar wajib Rio untuk bisa tampil di ajang F1.

Dalam berita sebelumnya, manajer Rio, Piers Hunniset, mengatakan jika pihaknya sudah mencoba mencari alternatif sponsor. Hunniset mengatakan telah mengontak beberapa perusahaan dari Asia Tenggara seperti, Thailand, Singapura, dan Malaysia.

Terkait inisiatif manajemen Rio untuk mencari bantuan dari asing, Kemenpora selaku pihak yang ikut mendanai Rio di ajang F1 ikut berkomentar. Kemenpora yang sepertinya sudah mulai 'angkat tangan' untuk membantu Rio mencari sumber pendanaan dan mengaku tak khawatir jika Rio didanai oleh perusahaan asing.

"Kalau nasib Rio diperpanjang kami tentu senang. Apalagi kalau bisa sampai di (GP) Abu Dhabi bulan November. Saya luruskan, kalau nanti mendapat sponsor dari perusahaan asing kami tak khawatir lagi," ujar juru bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot Dewa Broto, kepada wartawan.

"Coba lihat (Lewis) Hamilton atau (Nico) Rosberg, rata-rata mereka disponsori oleh perusahaan lintas negara. Kekhawatiran orang bahwa Rio akan berbendera lain jika disponsori oleh perusahaan asing juga tak perlu dikhawatirkan. Pembalap-pembalap yang saya sebut tadi juga kan tetap berbendera negaranya," jelas Gatot.

Kemenpora memang sudah melakukan beberapa langkah untuk membantu melunasi sisa dana Rio kepada Manor. Mulai dari berkoordinasi dengan beberapa BUMN, membuat program galangan dana dari masyarakat, hingga patungan dari beberapa pejabat tinggi Kemenpora.

Sayang, langkah-langkah tersebut masih belum juga bisa menutupi sisa dana yang dibutuhkan Rio. Gatot Dewa Broto juga mengungkap jika Kemenpora juga sudah berkomunikasi terkait bantuan asing kepada Manor.

"Kami juga sudah mendorong Manor bahwa jika ada sponsor lain, kami tidak akan menghalangi. Kami monggo saja," kata Gatot.

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP