TUTUP
TUTUP
SPORT

Logo Baru Asian Games 2018 Diluncurkan

Logo Asian Games sebelumnya disayembarakan.
Logo Baru Asian Games 2018 Diluncurkan
Peluncuran logo Asian Games 2018 (Raden Radhitya Andriansyah/ VIVA.co.id)

VIVA.co.id - Setelah melewati proses sayembara selama beberapa bulan, logo Asian Games 2018 akhirnya resmi diluncurkan. Bertempat di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis 28 Juli 2016, logo Asian Games 2018 Jakarta-Palembang resmi diluncurkan.

Mengusung tema Energy of Asia, logo Asian Games 2018 akhirnya resmi diperkenalkan kepada publik. Dalam kesempatan ini, turut hadir Kepala Staf Presiden, Teten Masduki, Menpora, Imam Nahrawi, Wakil Ketua Umum KOI, Muddai Madang, serta Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Triawan Munaf.

Dalam sambutannya, Triawan Munaf selaku Kepala BEKRAF, yang ditugaskan bersama tim untuk mengakomodasi jalannya sayembara, menegaskan jika logo Asian Games 2018 bukan hanya sekedar logo.

Triawan mengatakan, dalam proses pembuatan logo lewat sayembara, BEKRAF ingin mengartikan jika logo juga memiliki sistem identitas sebuah bangsa. Selain itu tentunya, brand multievent olahraga empat tahunan.

"Ini bukan hanya sekedar logo, tapi lebih dari itu. Ini adalah sebuah sistem identitas brand. Asian Games adalah sebuah brand internasional kelas dunia, yang akan melibatkan banyak negara besar dunia. Untuk itu, event sekelas Asian Games harus didukung oleh Indonesia secara profesional," ujar Triawan kepada wartawan.

"Ternyata, atensi masyarakat terhadap adanya event ini sangat luar biasa. Kami membentuk tim panelis yang sangat profesional di bidangnya. Ada sekitar 60 peserta yang ikut serta dalam sayembara ini. Setelah kami seleksi, terpilih menjadi 11. Setelah itu diseleksi lagi dan menghasilkan tiga terbaik. Setelah itu, kami serahkan semua kepada Pak Presiden untuk memilih langsung," jelasnya.

Setelah lewat proses sayembara sekitar tiga bulan, akhirnya terpilih Feat Studio, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang desain grafis, sebagai perancang logo resmi Asian Games 2018.

Perwakilan Feat Studio, Jefferson Edri, mengatakan pihaknya memang melalui proses yang cukup sulit untuk membuat logo Asian Games 2018. Jefferson mengatakan timnya memiliki concern kepada tiga aspek dasar yakni, Asia, Indonesia, dan olahraga, sebagai kerangka pemikirannya.

Jefferson juga mengatakan, dalam proses pembuatan logo Asian Games 2018, ia bersama timnya mempelajari tujuan awal digelarnya event ini. Menurutnya, Asian Games adalah ajang untuk mempererat pershabatan negara-negara Asia, serta menunjukkan kekuatan negara Asia di mata dunia.

"Tugas kami adalah untuk membuat suatu unique identified, yang mewakili ketiga aspek Asia, Indonesia, dan olahraga. Asian Games memiliki tujuan untuk menunjukkan kekuatan negara-negara Asia di mata dunia. Selain itu, tujuannya juga mempererat persahabatan negara di Asia," ujar Jefferson.

"Kami melihat semangat Presiden Soekarno saat mempersiapkan ajang Asian Games 1962 yang dipercayakan kepada Indonesia. Beliau membangun semua aspek termasuk Stadion Utama Gelora Bung Karno, HI (Hotel Indonesia), stasiun televisi pertama (TVRI) dan Patung Selamat datang, sebagai bukti bahwa Indonesia yang pada saat itu baru merdeka, adalah sebuah bangsa yang besar," jelasnya.

Selain membuat logo Asian Games 2018, Feat Studio juga nantinya akan merancang berbagai desain untuk item penunjang. Diantaranya adalah signage, tiket, id card, hingga bilboard dan spanduk.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP