Atlet Rusia Akhirnya Dibolehkan Tampil di Olimpiade 2016

Atlet senam Rusia
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj
VIVA.co.id
Al-Deehani, Atlet Tanpa Negara Pertama Raih Emas Olimpiade
- Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengumumkan pada Kamis, 4 Agustus 2016, 271 atlet kontingen Rusia diperbolehkan tampil di Olimpiade 2016 Rio de Janiero yang akan dibuka hari ini.

Tak Raih Medali, Dewi akan Kejar Peringkat Terbaiknya
"Hasil dari pemeriksaan panel IOC sebagai berikut, 271 atlet akan membentuk tim yang dimasukkan oleh Komite Olimpiade Nasional Rusia (ROC) dari total 389 atlet," tulis pernyataan IOC seperti yang dilansir dari Reuters.

Hendra Setiawan Ungkap Rencana Masa Depan Kariernya
Pada Juli lalu, Federasi Atletik Internasional (IAAF) melarang semua atlet Rusia tampil dalam kompetisi internasional, termasuk di Olimpiade Rio karena tuduhan penggunaan doping.

Meski Badan Anti-Doping Dunia sudah meminta agar semua atlet Rusia dilarang bertanding, IOC lebih memilih untuk memberikan izin bagi sebagian atlet. Sebagian besar larangan untuk atlet nomor individu.

Tercatat 29 atlet renang, 11 atlet judo, 18 atlet menembak, delapan atlet tenis, 11 atlet tinju, serta dua atlet andalan Maria Verchenova (golf) dan Andrey Kraitor (kano) adalah sebagian dari atlet yang dapat "lampu hijau" dari IOC.

Tim panel pemeriksa IOC, bekerja sama dengan Ketua Komisi Atlet IOC, Claudio Bokel dari Jerman, Ketua Komisi Medis IOC, Ugur Erdener dari Turki, dan Juan Antonio Samaranch Jr dari Spanyol, akan memeriksa lebih lanjut terkait izin yang dikeluarkan oleh federasi olahraga tertinggi dunia tersebut kepada beberapa atlet individu.

Olimpiade Rio akan dibuka pada 5 Agustus dan selesai pada 21 Agustus 2016 mendatang. Lebih dari 11.000 atlet dari 206 negara akan memperebutkan 306 set medali dari 28 cabang olahraga yang dipertandingkan. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya