TUTUP
TUTUP
SPORT

5 Cabang Olahraga Baru akan Dilombakan di Olimpiade 2020

Apa saja yang akan dilombakan?
5 Cabang Olahraga Baru akan Dilombakan di Olimpiade 2020
Yoshiro Mori, Kepala Komite Olimpiade 2020. (REUTERS/Sergio Moraes)
VIVA.co.id - Sebanyak lima cabang olahraga (cabor) baru dilombakan di Olimpiade 2020, yang akan digelar di Tokyo, Jepang. Bisbol dan Surfing adalah dua di antara lima cabor baru tersebut.

Komite Olimpiade Internasional (IOC/International Olympic Committe) telah membulatkan suara yang diambil oleh Dewan Eksekutif pada Juni lalu untuk melombakan lima cabor baru. Cabor baru yang akan dilombakan di Olimpiade 2020 adalah Skateboard, Surfing, Sports Climbing, Karate dan Bisbol/Sofbol.

Perwakilan IOC yang kini sedang berada di Rio de Janeiro, Brasil, sepakat untuk mendukung  keputusan ini. "Ini akan membuat Olimpiade Tokyo sebagai salah satu Olimpiade paling inovatif sepanjang sejarah," kata Wakil Presiden IOC, John Coates, kepada Marca.

Untuk bisbol dan sofbol, diusulkan akan diselenggarakan di Yokohama, di mana masing-masing akan memiliki kompetisi yang melibatkan enam tim. Sekadar informasi, cabang olahraga ini terakhir tampil di Olimpiade di Beijing pada 2008.

Kehadiran kembali cabang olahraga ini di Olimpiade, disambut antusias oleh Riccardo Fraccaci, Presiden Konfederasi Bisbol dan Sofbol Dunia. "Keputusan hari ini sangat bersejarah. Ini semacam 'home run' untuk Olimpiade, olahraga kami, dan Olimpiade Tokyo 2020," katanya.

"Negara-negara bersaing untuk medali emas Olimpiade lewat bisbol dan sofbol, di Jepang. Itu akan menjadi pertunjukan dengan semangat global dan paling menarik dalam sejarah," ujarnya.

Surfing nantinya akan diikuti 20 atlet pria dan 20 atlet wanita, dan tidak akan dilombakan dengan menggunakan gelombang laut buatan. Kemungkinan, arena yang akan digunakan adalah di kawasan Chiba Prefecture.

"Ini adalah momen yang akan mengubah permainan surfing. Kami telah melihat peningkatan popularitas olahraga ini di seluruh dunia dan Olimpiade akan menjadi wadah yang luar biasa," ujar Presiden Federasi Selancar Internasional, Fernando Aguerre.

Skateboarding akan menggunakan dua buah jalan dan dua buah taman untuk venue perlombaan. Sebanyak 40 atlet akan ambil bagian, dengan 20 atlet pria dan 20 atlet wanita. Tokyo akan menjadi tempat pelaksanaan lomba.

Karate bisa menggunakan Nippon Budokan, yakni rumah seni bela diri Jepang, dan akan memiliki beberapa bagian, yakni tarung untuk pria, wanita, Kata (gerakan jurus), dan Kumite (pertarungan). Sports Climbing juga dilombakan di perkotaan Tokyo, kompetisi ini dibuka untuk kelas laki-laki dan perempuan.

Total akan ada 474 atlet untuk bersaing di lima cabang olahraga. Direncanakan, semua tempat yang menggelar perlombaan cabor baru akan selesai pada akhir tahun ini. (one)
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP