TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Kisah Mengharukan Susy Susanti di Olimpiade Barcelona 1992

Ia menjelma menjadi atlet legendaris yang akan dikenang sepanjang masa
Kisah Mengharukan Susy Susanti di Olimpiade Barcelona 1992
Pebulutangkis putri legendaris, Susy Susanti (VIVA.co.id/Purna Karyanto)

VIVA.co.id - Cerita tentang kejayaan prestasi bulutangkis Indonesia tentunya tak akan lepas dari figur wanita yang satu ini. Dengan segudang raihan prestasi apiknya untuk Merah Putih, Susy Susanti pun menjelma menjadi atlet legendaris yang kelak dikenang sepanjang masa.

Bukan jalan yang mudah rupanya untuk Susy mengukir nama besarnya di kancah persaingan bulutangkis dunia. Tak berhenti disitu, Susy pun menjadi orang Indonesia pertama yang menginjakkan kakinya di podium teratas kancah pesta olahraga terakbar.



Ya, Selasa 4 Agustus 1992, rakyat Indonesia larut dalam kebahagiaaan. Di hari itu, Susy Susanti berhasil menorehkan nama Indonesia di panggung internasional dengan merebut medali emas di ajang Olimpiade Barcelona.

Dalam laga puncak, Susy berhasil mengalahkan pebulutangkis tunggal putri Korea Selatan, Bang Soo-hyun, 5-11, 11-5 dan 11-3. Usai laga itu, maka Susy pun menghadirkan kebanggaan dari arena olahraga sejagat raya.

Lalu, seperti apa perjuangan, pengorbanan dan perasaannya ketika berurai air mata bahagia dengan kalungan medali emas di Barcelona tahun 1992 tersebut?

Bagaimana pula perhatian dan penghargaan pemerintah pusat saat itu atas raihan prestasi bersejarah yang dicetak istri dari Alan Budikusuma itu?

Simak selengkapnya kisah penuh kenangan Susy Susanti tersebut dalam wawancara eksklusif VIVA.co.id dalam video dengan mengklik tautan ini.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP