Kisah Mengharukan Susy Susanti di Olimpiade Barcelona 1992

Pebulutangkis putri legendaris, Susy Susanti
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto
<
Persembahan Alan Budikusuma &amp; Susi Susanti untuk Bulutangkis Indonesia
p>
Doa Rossa Saat Nyanyikan Soundtrack Susi Susanti Love All
VIVA.co.id - Cerita tentang kejayaan prestasi bulutangkis Indonesia tentunya tak akan lepas dari figur wanita yang satu ini. Dengan segudang raihan prestasi apiknya untuk Merah Putih, Susy Susanti pun menjelma menjadi atlet legendaris yang kelak dikenang sepanjang masa.
Garap Film Biopik Susi Susanti, Daniel Mananta: Awalnya Hanya Ide


Bukan jalan yang mudah rupanya untuk Susy mengukir nama besarnya di kancah persaingan bulutangkis dunia. Tak berhenti disitu, Susy pun menjadi orang Indonesia pertama yang menginjakkan kakinya di podium teratas kancah pesta olahraga terakbar.


Ya, Selasa 4 Agustus 1992, rakyat Indonesia larut dalam kebahagiaaan. Di hari itu, Susy Susanti berhasil menorehkan nama Indonesia di panggung internasional dengan merebut medali emas di ajang Olimpiade Barcelona.


Dalam laga puncak, Susy berhasil mengalahkan pebulutangkis tunggal putri Korea Selatan, Bang Soo-hyun, 5-11, 11-5 dan 11-3. Usai laga itu, maka Susy pun menghadirkan kebanggaan dari arena olahraga sejagat raya.


Lalu, seperti apa perjuangan, pengorbanan dan perasaannya ketika berurai air mata bahagia dengan kalungan medali emas di Barcelona tahun 1992 tersebut?

Bagaimana pula perhatian dan penghargaan pemerintah pusat saat itu atas raihan prestasi bersejarah yang dicetak istri dari Alan Budikusuma itu?
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya