Sri Wahyuni Beri Medali Pertama bagi Indonesia

Atlet angkat besi Indonesia Sri Wahyuni Agustiani (kiri)
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Indonesia meraih medali pertama dalam Olimpiade 2016 di Brasil, dengan medali perak yang didapat Sri Wahyuni Agustiani di cabang angkat berat wanita kelas 48 kilogram, Minggu 7 Agustus 2016. Sri Wahyuni menang dengan total angkatan 192 kilogram.

Sementara medali emas, seperti dilansir dari Reuters, direbut atlet Thailand Sopita Tanasan dengan total angkatan 200 kilogram. Sementara, tempat ketiga didapat atlet Jepang Hiromi Miyake, dengan total angkatan 188 kilogram.

Tanasan yang berusia 21 tahun, menang mudah setelah mundurnya favorit juara dari China, Hou Zhihui pekan lalu karena cedera lutut. Dia menjadi atlet wanita Thailand keempat, yang memenangkan medali emas di Olimpiade.

Pesaing kuat lainnya di cabang angkat besi adalah Thi Huyen Vuong dari Vietnam, yang tidak bisa melanjutkan setelah tiga kegagalan di snatch. Margarita Yelisseyeva dari Kazakhstan, menjadi atlet yang mendapat sambutan terbanyak, namun hanya bisa menempati urutan kelima.

Emas yang diraih Tanasan, membuat para atlet angkat besi wanita Thailand menyamai capaian atlet pria Thailand di cabang tinju. Hanya pada dua cabang olahraga, itu di mana Thailand pernah memenangkan medali Olimpiade.

Medali perak Sri Wahyuni, membuat Indonesia naik ke peringkat 11 bersama tuan rumah Brasil, Denmark, dan Italia dengan sama-sama baru memperoleh medali perak. Korea Selatan dan Amerika Serikat memimpin perolehan medali sementara, dengan satu emas dan satu perak.

Angkat Besi Asian Games: Harapan di Pundak 3 Lifter Hari Ini

(mus)

Atlet angkat besi Indonesia, Sri Wahyuni.

Sri Wahyuni Lesu Gagal Sabet Emas di Asian Games 2018

Sri Wahyuni kalah dari lifter Korea Utara, Ri Song-Gum.

img_title
VIVA.co.id
20 Agustus 2018