TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Dulu Takut Air, Kini Catat Rekor Dunia Renang di Olimpiade

Adam Peaty kebingungan tak ada lawan di sampingnya.
Dulu Takut Air, Kini Catat Rekor Dunia Renang di Olimpiade
Perenang Inggris Raya, Adam Peaty, di Olimpiade 2016. (REUTERS/Dominic Ebenbichler)
VIVA.co.id - Nama perenang asal Inggris Raya, Adam Peaty, menjadi sorotan dalam Olimpiade 2016 ini setelah berhasil dua kali memecahkan rekor dunia. Ada cerita kocak di balik sukses besar tersebut.

"Saya menyentuh dinding dan melihat sekitar dan berpikir 'ke mana semua orang?'" ujar Peaty, seperti dilansir dari Reuters.

Hal itu memang cukup mengejutkan karena dia baru saja memenangkan medali emas Olimpiade dari nomor 100 meter gaya dada, sekaligus memecahkan rekor dunia! Catatan waktunya pun luar biasa, unggul 1,57 detik di depan peringkat 2 yang juga sang juara bertahan asal Afrika Selatan, Cameron van der Burgh.

"Sangat aneh bisa memenangkan ini, untuk mencatatkan waktu 57,13 detik dan memenangkan medali emas pertama Inggris Raya. Jujur, saya pikir Anda harus kembali bertanya pada saya soal ini dua hari lagi," tutur Peaty yang baru berusia 21 tahun.

Meski masih berusia muda, Peaty datang dengan status Juara Dunia, Juara Eropa, dan Juara Commonwealth. Sekarang, ia pun sukses memecahkan rekor dunia.

Hebatnya lagi, Peaty adalah perenang putra pertama Inggris yang berhasil merebut medali emas sejak 28 tahun silam dan hanya yang keempat dalam 100 tahun terakhir, mengikuti jejak David Wilkie (1976), Duncan Goodhew (1980), dan Adrian Moorhouse (1998). Keempatnya di nomor gaya dada.

Cerita unik dari kehidupan Peaty adalah ia ternyata takut air saat masih kecil. Peaty kecil bahkan harus bertengkar dengan sang ibu yang coba memandikannya. Peaty pun berkali-kali kabur dan melawan.

"Ya, saya pikir bisa dikatakan saya sudah mengalahkan ketakutan itu," tutur Peaty singkat sambil tersenyum. (one)
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP