TUTUP
TUTUP
SPORT

China Jaga Tradisi Emas di Cabang Menembak

China sementara berada di posisi 2 klasemen umum Olimpiade 2016.
China Jaga Tradisi Emas di Cabang Menembak
Atlet menembak China, Zhang Mengxue. (REUTERS/Jeremy Lee)

VIVA.co.id - China mendulang medali emas pertamanya di Olimpiade 2016 dari cabang olahraga menembak. Adalah atlet menembak putri, Zhang Mengxue, yang sukses menyumbang emas pertama bagi China di nomor 10m air pistol.

Perjuangan atlet China 21 tahun ini cukup keras hingga akhirnya bisa merengkuh emas di cabang menembak. Di babak kualifikasi, Zhang hanya berada di rangking ke-7, jauh di bawah atlet menembak Rusia, Vitalina Batsarashkina. Zhang hanya mengumpulkan 384 poin, atau terpaut 14 poin dari Batsarashkina.

Setelah melaju ke babak final, performa Zhang terus membaik. Dalam pertandingan yang digelar di National Shooting Center, Minggu 7 Agustus 2016 waktu setempat, Zhang sukses meraih emas setelah di babak final mencapai poin tertinggi 199,4 poin.
 
Catatan poin yang ditorehkan oleh Zhang, mengungguli Batsarashkina yang harus puas mendapat medali perunggu, dengan catatan poin 197,1 poin. Di posisi 3, ada nama atlet Yunani, Anna Korakaki, yang mengumpulkan 177,7 poin.
 
"Saya cukup tenang untuk bisa melaju ke final sebenarnya, karena di (babak) kualifikasi saya sempat mengalami kesulitan. Saya masih merasakan kompetisi ini dan dalam suasana hati yang baik. Memenangkan Olimpiade adalah tujuan saya sejak kecil," ujar Zhang dilansir Dawn.com
 
Kesuksesan Zhang meneruskan tradisi China mendulang emas di nomor 10m air pistol putri. Sebelumnya, atlet menembak China lainnya, Guo Wenjun, sukses meraih medali emas di nomor yang sama dalam Olimpiade 2008 dan 2012.
 
Selain dari cabang menembak, China juga sukses meraih emas dari cabang angkat besi dan loncat indah. China sementara berada di posisi 2 klasemen umum Olimpiade 2016, dengan raihan 3 emas, 2 perak dan 3 perunggu. (one)
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP