Michael Phelps Pertajam Rekor di Olimpiade Rio 2016

Michael Phelps
Sumber :
  • REUTERS/Tim Wimborne

VIVA.co.id - Perenang andalan Amerika Serikat, Michael Phelps berhasil mempertajam rekornya selama berlaga di ajang Olimpiade dengan menyabet medali emas ke-19.

Tak Raih Medali, Dewi akan Kejar Peringkat Terbaiknya

Kemenangan itu diraihnya, setelah turun bertanding bersama tim renang AS pada nomor estafet 4 x 100 meter gaya bebas putra di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Ini menjadi sebuah catatan gemilang yang sulit diraih oleh atlet mana pun. Phelps mulai bergabung dalam tim renang AS, sejak masih berusia 15 tahun. Ketika itu, dia berhasil menyumbangkan medali emas dari Olimpiade Sidney 2000 silam.

Hingga kini, total perenang berusia 31 tahun tersebut telah mengumpulkan 19 medali emas, dua medali perak, dan dua medali perunggu. Phelps mengaku bahagia bisa menambah raihan medali emas di Olimpiade.

Dia, bahkan sampai menangis, ketika berhasil memberikan sumbangan medali bagi Negeri Paman Sam. "Para atlet muda ini mulai menangis, membuat saya juga ikut menangis. Ini merupakan estafet 400 saya yang terakhir," katanya seperti dilansir Guardian.

Meski sudah berusia tua untuk ukuran atlet renang, namun semangat Phelps tetap membara. Pria yang dalam dua tahun terakhir dalam kondisi psikologis kurang baik, secara perlahan mampu bangkit.

Pada 2014 lalu, dia pernah dijatuhi hukuman larangan bertanding dari federasi renang AS selama enam bulan dan dicoret dari daftar kontingan atlet Negeri Paman Sam untuk kejuaraan dunia renang 2015 di Russia. Saat itu, Phelps kedapatan mengendarai mobil dengan keadaan mabuk. (asp)

Fehaid Al-Deehani jadi atlet tanpa negara pertama peraih emas Olimpiade

Al-Deehani, Atlet Tanpa Negara Pertama Raih Emas Olimpiade

Dia jadi atlet independen karena negaranya dihukum IOC.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016