TUTUP
TUTUP
SPORT

Daftar Negara ASEAN Perebut Medali Emas di Olimpiade

Hanya ada 3 negara ASEAN yang bisa melakukannya.
Daftar Negara ASEAN Perebut Medali Emas di Olimpiade
Penembak Vietnam, Hoang Xuan Vinh, usai juara di Olimpiade 2016 (REUTERS)
VIVA.co.id - Sejak kejuaraan Olimpiade digelar di Athena, Yunani pada 1896 silam, terhitung baru 3 negara asal Asia Tenggara (ASEAN) yang sukses merebut medali emas. Ajang olahraga bergengsi di dunia tersebut seolah-olah menunjukkan bahwa negara ASEAN masih tertinggal.

Dilansir laman resmi Komite Olimpiade Internasional (IOC), medali emas pertama yang direbut oleh negara ASEAN ialah dari Indonesia. Pada Olimpiade Barcelona, Spanyol 1992 silam, cabang bulutangkis Tanah Air menorehkan tinta emas.

Alan Budikusuma yang turun di sektor tunggal putra dan Susi Susanti dari sektor tunggal putri memberikan prestasi membanggakan. Alan sukses mengalakan rekan senegara, Ardy Wiranata di partai puncak.

Sedangkan Susi mengalahkan pebulutangkis andalan Korea Selatan, Bang Soo-hyun. Pada olimpiade edisi itu, Indonesia sukses meraup 2 medali emas, 5 medali perak, dan 2 medali perunggu.

Torehan pertama kali tersebut kemudian berlanjut di Olimpiade edisi berikutnya. Hingga kini, memasuki Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Indonesia sudah merebut 6 medali emas, 14 medali perak, dan 12 medali perunggu.

Teranyar, medali perak pada Olimpiade Rio 2016 disumbangkan oleh atlet angkat besi putri, Sri Wahyuni Agustiani. Pada partai puncak angkat besi putri kelas 48 kg itu, Sri kalah dari wakil Thailand, Sopita Tanasan.

Keberhasilan Sopita menjadi juara di kelas 48 kg membawa Negeri Gajah Putih menjadi negara ASEAN yang paling banyak merebut medali emas di ajang Olimpiade. Total mereka sudah membukukan 8 medali emas, 6 medali perak, dan 13 medali perunggu.

Negara ASEAN terakhir yang mencatatkan sejarah dengan merebut medali emas di Olimpiade ialah Vietnam. Pada cabang menembak, Hoang Xuan Vinh menuntaskan penantian 6 dekade negaranya.

Sejak ikut serta dalam Olimpiade di Helinski, Finlandia pada 1952 silam. Total Vietnam sudah pernah merebut 1 medali emas dari menembak, dan 2 medali perunggu yang menjadi sumbangan cabang olahraga taekwondo dan angkat besi.
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP