TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Dia Atlet Amerika Pertama yang Gunakan Hijab di Olimpiade

Atlet anggar AS, Ibtihaj Muhammad, tampil menggunakan hijab.
Dia Atlet Amerika Pertama yang Gunakan Hijab di Olimpiade
Atlet anggar Amerika Serikat yang gunakan hijab, Ibtihaj Muhammad (REUTERS/Lucy Nicholson)
VIVA.co.id - Nama Ibtihaj Muhammad mungkin masih asing di telinga kita. Namun, atlet anggar Amerika Serikat ini berhasil mencuri perhatian di Olimpiade Rio 2016 ini.

Wanita berusia 30 tahun ini masuk ke dalam tim anggar AS untuk tampil di Olimpiade 2016 ini, dan tercatat menjadi Olimpian Amerika pertama yang tampil menggunakan hijab.

Meski tumbang di babak 16 besar nomor individual saber dari atlet Prancis, Cecilia Berder, Ibtihaj tetap mampu menembus batasan yang selama ini dianggap tabu oleh sebagian besar masyarakat AS.

"Saya mengatakan padanya untuk membawa pulang emas. Saya tidak bermaksud membebaninya," canda Presiden AS, Barack Obama, saat berkunjung ke salah satu masjid di AS bulan Februari lalu, seperti yang dilansir dari Reuters.

Lahir dan besar di New Jersey, Ibtihaj mencari olahraga yang bisa ditekuninya tetapi tetap menjaga tubuhnya masih bisa tertutup dengan rapat. Anggar pun menjadi pilihan saat ia masih duduk di bangku SMA.

Pada 2002, Ibtihaj mulai bergabung dengan salah satu klub anggar top di AS yaitu Peter Westbrook Foundation dan dilatih oleh Akhi Spencer-El, yang merupakan jebolan Olimpiade 2000 Sydney.

Penampilannya pun terus menanjak sejak saat itu. Ia berhasil menjadi juara Olimpiade Junior pada 2005 dan terpilih masuk ke tim nasional anggar Amerika pada 2010.

Berperingkat dua di Amerika dan peringkat delapan dunia, Ibtihaj akhirnya mendapatkan kesempatan tampil di ajang Olimpiade.

Pada pertandingan pertamanya hari Senin kemarin, 8 Agustus 2016, di Carioca Arena 3, Ibtihaj pun memperlihatkan kalau dirinya tak berbeda dengan masyarakat AS pada umumnya. Siap berkorban demi negara.

Kalau masih ada yang mempertanyakannya, andai mereka bisa melihat saat ia menutup wajahnya dengan masker anggar lengkap dengan bendera Amerika di belakang hijab hitam yang dikenakan Ibtihaj.

"Saya merasa bangga untuk mewakilkan tim AS meski akhirnya kalah," ujar Ibtihaj, usai tumbang di tangan Cecilia Berber.

Simbol Melawan Anti-Islam
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP