TUTUP
TUTUP
SPORT

Rp4 Miliar Hanya untuk Cendera Mata PON XIX Jabar

Batu akik jenis darson dipilih sebagai cendera mata atlet.
Rp4 Miliar Hanya untuk Cendera Mata PON XIX Jabar
Batu Akik Souvenir PON XIX Tahun 2016 (VIVA.co.id / Diki Hidayat (Garut))
VIVA.co.id - Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX yang akan berlangsung di Jawa Barat menghabiskan dana tak sedikit. Hanya untuk cendera mata atlet, setidaknya dana Rp4 miliar dibutuhkan.

Jumlah sebanyak itu dirinci untuk pengadaan batu akik jenis darson yang menjadi cendera mata. Harga per buah batu akik darson dipasaran saat ini mencapai Rp2 juta.

Sedangkan total yang harus disiapkan oleh Pengurus Besar (PB) PON mencapai 2000 buah. Mengingat harga yang mahal, Koperasi Lasminingrat Gemstone asal Garut pun tergerak untuk membantu.

"Jadi soal nilai kami para pengrajin dan masyarakat Garut menghibahkan sebagaian batu bagi PB PON, " ujar Ketua Koperasi Lasminigrat Gemstone, Yudi Nugraha kepada wartawan, Rabu 10 Agustus 2016.

Batu akik darson untuk cendera mata atlet PON dipilih karena memiliki rata-rata lima warna. Yang mana secara filosofi juga menandakan keanekaragaman suku di Indonesia.

"Memiliki makna yang sangat erat dengan budaya Indonesia yang beranekaragam namun dalam satu kesatuan, sehingga cocok untuk dijadikan cenderamata PON," jelas Yudi.
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP