Michael Phelps Samai Rekor Olimpiade Ribuan Tahun Lalu

Michael Phelps
Sumber :
  • REUTERS/Tim Wimborne

VIVA.co.id - Perenang Amerika Serikat Michael Phelps melanjutkan dominasinya di ajang Olimpiade 2016. Dia sejauh ini telah total meraih tiga medali emas.

Pada 7 Agustus lalu, dia meraih medali emas di kategori 4 x 100 freestyle relay. Pada 9 Agustus, dia menyabet dua emas di kategori 200 meter kupu-kupu dan 4 x 200 meter freestyle relay.

Fakta unik pun mencuat atas sukses perenang berusia 31 tahun asal Baltimore Maryland itu. Dia menyamai rekor Olimpiade yang telah bertahan selama ribuan tahun.

Sejak pertama kali tampil di Olimpiade 2000, Phelps sudah mengoleksi 21 medali emas. Dengan 12 medali emas di antaranya diraih di kategori individu.

Dilansir Marca, Kamis 11 Agustus 2016, dia menyamai rekor atlet terhebat Yunani kuno, Leonidas of Rhodes yang sebelumnya menjadi atlet satu-satunya peraih 12 emas individu.

Leonidas tercatat yang lahir pada tahun 188 SM (sebelum masehi) itu merupakan pelari terkenal di Olimpiade kuno. Dia tampil di Olimpiade 164 SM, 156 SM dan 152 SM.

Dia tampil di lomba lari kategori the Stadion, the Diaulos, and the Hoplitodromos. Rekor 12 medali emas individunya bertahan ribuan tahun hingga disamai Phelps, Selasa kemarin.

Tak Raih Medali, Dewi akan Kejar Peringkat Terbaiknya
Fehaid Al-Deehani jadi atlet tanpa negara pertama peraih emas Olimpiade

Al-Deehani, Atlet Tanpa Negara Pertama Raih Emas Olimpiade

Dia jadi atlet independen karena negaranya dihukum IOC.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016