Terlalu Berbahaya, Tikungan 10 di MotoGP Austria Diubah

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.
Sumber :
  • REUTERS/Heino Kalis

VIVA.co.id – Lintasan di Sirkuit Red Bull Ring mengalami sedikit perubahan desain, jelang balapan MotoGP Austria. Perubahan yang dilakukan pada tikungan 10 ini guna mempertimbangkan keselamatan para pembalap.

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

Ini memang untuk kali pertama sirkuit yang sebelumnya bernama NeroGiardini Motorrad Grand Prix von Oesterreich ini, menggelar MotoGP kembali. Terakhir kali GP Austria menggelar balapan pada 1997 lalu.

Para pembalap memang sudah diberi kesempatan melakukan tes pada sirkuit yang memiliki lintasan berjarak 4,326 km itu, Juli lalu. Tes tersebut juga bertujuan untuk mengecek tingkat keamanan dari Red Bull Ring.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

https://pbs.twimg.com/media/Cpk0pHCXgAA31Ro.jpg

Akhirnya, Safety Officer Federasi Motor Internasional (FIM), Franco Uncini, bersama pembalap coba berdiskusi akan desain lintasannya. Hasilnya, bakal ada perubahan pada tikungan 10 karena dinilai terlalu berbahaya.

Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

Sebab, area di sekitar tikungan terlalu sempit dan bisa mengancam keselamatan pembalap jika melebar. Makanya, lebar tikungan 10 akan dikurangi dari 13 meter menjadi 10 meter agar pembalap bisa mengurangi kecepatannya.

Dalam situs resmi MotoGP, perubahan ini membuat catatan waktu dalam sesi tes pada bulan lalu tak dianggap relevan lagi dan tak menjadikan Red Bull Ring sebagai sirkuit tercepat. Perubahan ini juga disambut baik oleh para pembalap MotoGP, yang akan memulai latihan bebas pada hari ini. (one)

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin

Siap Tinggalkan Ducati, Pramac Racing Mulai Negosiasi dengan Yamaha

Pramac Racing habis masa kontraknya sebagai tim satelit Ducati di akhir musim MotoGP 2024. Kabarnya, mereka siap tinggalkan Ducati dan bakal gabung Yamaha di musim depan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024