TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
SPORT

Rekor Michael Johnson Akhirnya Patah Setelah 17 Tahun

Wayde kini dijagokan jadi pelari nomor satu setelah Usain Bolt pensiun
Rekor Michael Johnson Akhirnya Patah Setelah 17 Tahun
Pelari Afrika Selatan Wayde van Niekerk pecahkan rekor dunia nomor 400 meter (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

VIVA.co.id – Pelari Afrika Selatan, Wayde van Niekerk, menjadi sorotan di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Bukan hanya karena medali emas,yang diraihnya dalam nomor lari 400 meter pada Olimpiade 2016. Tapi, karena dia memecahkan rekor dunia yang telah bertahan selama 17 tahun.

Dilansir dari Reuters, Senin 15 Agustus 2016, Wayde mencatatkan waktu 43,03 detik atau 0,15 detik lebih cepat dari rekor yang dibuat Michael Johnson pada 1999. Jarak antara Wayde dan pelari setelah dia, jadi cara yang mudah untuk menggambarkan betapa luar biasa pencapaiannya.

Atlet Granada Kirani James, yang merupakan peraih medali Olimpiade 2012 di London, finis pada tempat kedua dengan selisih waktu 0,73 detik. Dia tertinggal dengan jarak setidaknya lima meter dari Wayde. James yang dikalahkan pun melontarkan pujian pada lawannya.

"Itu luar biasa. Sejujurnya, saya bahagia menjadi bagian dari sejarah (pemecahan rekor). Dia seperti tidak mau melambatkan larinya. Biasanya, pelari akan sedikit melambat pada 100 meter terakhir. Tapi, dia (Wayde) terus saja berlari kencang. Jika Anda melakukan, itu sudah pasti akan tercipta rekor dunia," kata James.

LaShawn Merritt yang finis pada tempat ketiga, juga mengaku sangat terkejut. "Saya tahu catatan waktunya akan cepat, tapi tidak berpikir bakal sampai 43 detik. Ini adalah era yang hebat, dan saya bangga jadi bagian di dalamnya," kata peraih medali emas Olimpiade 2008 itu.

Pujian juga datang dari Michael Johnson yang rekornya dipatahkan oleh Wayde. Dia pun mendukung Wayde yang masih berusia 24 tahun, untuk memperbaiki lagi catatan waktunya. "Dia masih sangat muda, apa lagi yang bisa dia lakukan?" kata Johnson.

Johnson mengatakan pelari paling top saat ini, Usain Bolt, segera pensiun. Dia yakin Wayde bakal jadi bintang selanjutnya, tapi Johnson berharap Wayde bisa menjawab tantangan darinya, untuk mencatatkan waktu lebih cepat dari 43 detik. (one)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP